Sudahkah Kita Benar-benar Merdeka di Negara Ini?

Internasional / 21 August 2011

Kalangan Sendiri

Sudahkah Kita Benar-benar Merdeka di Negara Ini?

Budhi Marpaung Official Writer
1819

Indonesia baru saja merayakan hari ulang tahun yang ke-66. Untuk ukuran sebuah bangsa, negara ini masih terbilang muda. Tengoklah Amerika Serikat atau Inggris yang usianya sudah ratusan tahun. Meski begitu, hal ini janganlah menjadi pembenaran bagi kekurangan atau kelemahan yang sekarang masih terlihat di negeri yang limpah akan kekayaan alamnya ini.

Salah satu yang dijamin oleh sebuah negara merdeka adalah setiap warganya bebas memilih apa yang menjadi keyakinan dirinya. Kebebasan beragama di Indonesia, jika menggunakan istilah di sekolah, nilai rapornya masih merah. Tanpa menyebutkan satu persatu kasus yang berkaitan dengan agama di negeri ini, persoalan-persoalan yang berkaitan dengan kepercayaan manusia akan Tuhan masih cukup banyak terjadi.

Sejumlah budayawan dalam negeri pernah memberikan pandangannya terkait akan hal ini. Mereka mengatakan ketidakhadiran negara di tengah-tengah masyarakat merupakan pangkal masalah mengapa seringkali terjadi konflik-konflik horisontal di berbagai wilayah di Indonesia. Apakah pernyataan mereka ini benar? Sepertinya memang perlu diuji kembali oleh waktu.

Meski sudah berusia 66 tahun, Indonesia merupakan bangsa yang rakyatnya masih perlu banyak belajar. Oleh karena itu, evaluasi bersama harus sering dilakukan oleh kita semua. Kembali kepada hal kebebasan beragama. Agama tidak seharusnya menjadi masalah jika masing-masing penganutnya dapat saling menghormati, justru keberagaman inilah yang harusnya menyatukan kita semua.

Marilah lewat peristiwa hari kemerdakaan 17 Agustus, kita semua merefleksi diri masing-masing, “Sudahkah kita menjadi orang beriman yang cinta tanah air? Sudahkah kita memandang bahwa orang-orang yang berbeda dengan agama kita adalah saudara sebangsa dan setanah air?” Jika belum, mari kita belajar memupuk rasa persatuan dan kesatuan di dalam diri kita masing-masing. Indonesia pasti maju jika setiap rakyatnya hidup rukun dan saling menghargai.

Sumber : Jawaban.Com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami