Ingin Rambut Indah? Perlakukan Sesuai Jenis Rambut Anda

Fit & Charming / 30 July 2011

Kalangan Sendiri

Ingin Rambut Indah? Perlakukan Sesuai Jenis Rambut Anda

Lois Official Writer
5604

Setiap orang membutuhkan perawatan rambut yang berbeda-beda tergantung jenis rambut yang dimiliki. Anda tidak bisa menyamakan perlakuan rambut lurus dengan perlakuan yang diberikan terhadap jenis rambut ikal. Begitu juga untuk perawatan jenis rambut lainnya. Berikut ini merupakan tips kunci perawatan untuk masing-masing jenis rambut berdasarkan saran sejumlah pakar rambut, yaitu :

Rambut lurus

Rambut lurus membuat poni jatuh sempurna di atas dahi dan membuat penampilan terlihat lebih fresh, menurut Ruben Cplon dari Sally Hershberger Salon di New York City. Erin Anderson dari Woodley & Bunny Salon di Brooklyn, New York mengatakan aksen highlights atau lowlights menambah dimensi pada rambut dan menjadikannya terlihat lebih lurus dan tebal. Dan jika ingin mendapatkan rambut ikal, sisir rambut lurus Anda dalam keadaan basah dengan produk penata rambut. Setelah itu, blow dry rambut hingga kering. Semprotkan hairspray ke bagian rambut yang ingin dibentuk ikal sebelum melilitkannya ke curling iron. Setelah selesai, semprotkan lagi sedikit hairspray ke atas rambut.

Rambut bergelombang

Hindari potongan rambut tumpul (blunt cut) karena akan menciptakan bentuk piramida aneh pada rambut, saran Travis Speck dari Bumble and Bumble Salon di New York City. Pilihlah model rambut berlayer untuk memaksimalkan tekstur rambut yang tebal. Udara yang lembap bisa membuat rambut jenis ini tampak indah. Saat cuaca panas, gunakan difusser untuk menata rambut. Untuk melembutkan helai-helai rambut yang mencuat, aplikasikan serum pada rambut basah lalu bungkus ketat dengan handuk dan dijepit. Setelah kering, buka penutup kepala dan Anda akan terbebas dari rambut bandel.

Rambut keriting

Jaga kesegaran ujung-ujung rambut dengan mengaplikasikan krim khusus untuk rambut keriting sepanjang hari. Jika ingin memanjangkan rambut, pastikan untuk merapikan ujung-ujung rambut (trim) minimal setiap 2-3 bulan sekali. Jangan memotong rambut dalam keadaan basah karena akan sulit diprediksi bagaimana rambut ketika kering. Anthony Dickey menyarankan agar rambut jenis ini bila ingin dipotong, harus dalam keadaan kering dan ditarik lurus. Hindari penggunaan pressing combs untuk menyisir rambut karena terlalu panas dan dapat menghanguskan untaian rambut, saran Miko Branch pemilik Miss Jessie’s Salon di Brooklyn, New York. Untuk mendapatkan rambut lurus, blow dry rambut menggunakan paddle brush lalu haluskan dengan flat iron hangat.

Rambut ikal

Tak perlu menggunakan sisir untuk menyisir rambut, cukup gunakan jari-jemari. Untuk mendapatkan kelembapan ekstra, jangan membilas rambut hingga benar-benar bersih setelah mengaplikasikan kondisioner. Sebaiknya, sisakan sekitar 25 persen kondisioner ketika keramas untuk mempermudah menata rambut saat kering. Untuk mendapatkan rambut berkilau indah, aplikan minyak atau serum rambut.

Setelah tahu jenis rambut dan bagaimana cara perawatan rambut yang sesuai dengan jenis rambut Anda itu, maka Anda akan mendapatkan rambut dengan hasil yang pas. Hanya saja, Anda perlu memperhatikan potongan rambut seperti apa yang cocok dengan jenis rambut Anda dan juga dengan wajah Anda.

Sumber : mediaindonesia/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami