Tips Mendidik Anak Versi SBY

Parenting / 27 July 2011

Kalangan Sendiri

Tips Mendidik Anak Versi SBY

Lois Official Writer
2193

Beberapa waktu yang lalu kita memperingati Hari Anak Nasional. Banyak pihak yang mengapresiasi peringatan ini dengan menyelenggarakan berbagai momentum. Begitu pula dengan Susilo Bambang Yudhoyono. Sedikit banyak, dia membagikan tips dalam mengasuh anak-anak. Tips-tips apa sajakah itu?

Masa keemasan untuk pengetahuan adalah 12 tahun pertama

Karena itulah, menurut SBY kita perlu membangun sikap maupun perilaku seseorang pada tahun-tahun itu sehingga mereka akan terbentuk menjadi pribadi yang baik dan generasi yang gemilang. Tentunya selain guru, peran orangtua merupakan peran yang paling penting untuk membangun karakter seseorang.

Anak-anak harus bercita-cita setinggi langit minimal dua

Presiden menegaskan bahwa anak-anak harus bercita-cita setinggi langit, jangan cuma satu tapi minimal dua. Kalau gagal yang pertama, anak-anak masih mempunyai cita-cita satunya lagi. Untuk itulah, orangtua harus ikut membantu anak dalam mempersiapkan diri, cita-cita apa yang mereka inginkan.

Mendidik karakter anak

Menurutnya, pendidikan karakter sangatlah penting karena sangat menentukan kemajuan peradaban bangsa, yang tak hanya unggul tetapi juga cerdas. “Mengapa karakter manusia dan bangsa itu penting. Aristoteles pernah mengatakan bahwa ada dua keunggulan manusia yang disebut human excellence. Pertama, excellence of tought (kehebatan dalam pemikiran) dan kedua adalah excellence of character (kehebatan dalam karakter),” kata SBY.

Anak-anak butuh perlindungan

Anak-anak membutuhkan pengasuhan dan perlindungan dari berbagai bentuk kekerasan, termasuk kekerasan rumah tangga. Asuh dengan penuh tanggung jawab, hentikan tindakan negative, tidak terpuji, diskriminasi, dan perdagangan anak.

Maka dari itu, anak-anak perlu diperhatikan dengan sungguh-sungguh. Betapa pentingnya mereka dibentuk dalam tahun-tahun pertama kehidupan mereka, bagaimana pendidikan yang benar itu harus dilakukan. Jadi, Anda bisa mencoba tips-tips yang dibagikan ini.

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami