Normalkah Jika Rambut Tumbuh Lebat Di Payudara Wanita?

Fit & Charming / 23 July 2011

Kalangan Sendiri

Normalkah Jika Rambut Tumbuh Lebat Di Payudara Wanita?

Lois Official Writer
10579

Sebagai wanita, kita memang selalu menghargai penampilan dan menjaga sebaik mungkin agar tidak ada sesuatu yang salah pada tubuh kita. Namun seringkali kita sungkan untuk mengungkapkan ataupun menceritakan tentang sesuatu yang terlalu pribadi bagi kita. Contohnya saja, rambut tipis yang terlihat di sekitar payudara. Jangan takut, setiap wanita memilikinya. Namun, pada beberapa wanita, rambut tersebut bisa tumbuh lebih lebat. Pertumbuhan rambut secara berlebihan dan lebih gelap di payudara bisa jadi merupakan efek dari hormon tubuh yang tidak stabil. Berikut beberapa penyebab, seperti yang dilansir Livestrong :

Kehamilan

Kehamilan menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon yang menyebabkan rambut tumbuh lebih cepat dan tidak mudah rontok. Rambut yang tumbuh di sekitar puting merupakan efek samping yang umum dari kehamilan

Hirsutisme

Menurut University of Maryland Medical Center, sekitar setengah dari wanita memiliki hormon seks pria androgen yang membuatnya mengalami hirsutisme, yaitu kondisi medis yang ditandai dengan pertumbuhan rambut berlebihan baik di payudara, maupun bagian tubuh lainnya seperti bibir atas, dagu, dan punggung. Jadi, hal ini memang umum terjadi pada wanita. Karena itu, tidak perlu merasa bahwa Anda berbeda dari wanita lainnya.

Hirsutisme disebabkan oleh peningkatan kadar hormon laki-laki, yang juga dapat menyebabkan fitur dominasi laki-laki seperti suara lebih dalam, botak depan, klitoris membesar dan otot bahu. Jerawat, periode menstruasi tidak teratur dan hilangnya bentuk feminism juga merupakan efek hirsutisme yang disebabkan oleh hormon laki-laki tinggi.

Obat-obatan

Hati-hati dalam mengkonsumsi obat-obatan. Obat-obatan seperti fenitoin, minoxidil, diazoxide, sikloporin, dan hexachlorobenzene dapat menyebabkan peningkatan hormon pria sehingga otomatis menyebabkan rambut tumbuh lebih lebat di payudara.

Penyakit tertentu

Resistensi insulin yang parah, tumor pada kelenjar adrenal atau ovarium, steroid anabolic atau Danazol dapat menyebabkan hirsutisme. Kondisi medis seperti sindrom Cushing dan sindrom ovarium polikistik juga dapat menyebabkan hirsutisme yang membuat rambut tipis di sekitar payudara menjadi lebih tebal.

Jadi sekarang Anda tahu kondisi tubuh Anda dengan lebih baik bukan? Karena itu, jangan merasa minder ataupun berkecil hati jika ada bagian tubuh Anda yang terlihat lebih pria daripada wanita. Yang pasti, jagalah tubuh Anda dengan hidup sehat dan makanan bergizi. Juga perhatikan setiap tanda yang diberikan tubuh Anda.

Sumber : detik/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami