Pemujaan Dewi Durga di Danau Sunter dengan Tusuk Pipi

Nasional / 18 July 2011

Kalangan Sendiri

Pemujaan Dewi Durga di Danau Sunter dengan Tusuk Pipi

Lois Official Writer
3574

Pada hari Minggu (17/7) kemarin, sejumlah umat Hindu mengikuti upacara pemujaan Dewi Surga di sekitar Danau Sunter, Jakarta. Pemujaan ini dilakukan oleh semua umat Hindu di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Perayaan ini khususnya dilakukan oleh umat Hindu yang beraliran Shakta dengan menggelar upacara yang dinamakan Adhi Tiruwilla.

Dewi surga yang bernama Dewi Durga ini merupakan istri Dewa Shiva yang diyakini sebagai manifestasi Tuhan dalam tugas sebagai pelebur (kematian). Pemujaan ini ditujukan khusus buat Dewi Durga tersebut. Dalam pemujaan ini, sejumlah umat Hindu mengenakan pakaian seperti orang India. Dan seperti layaknya pemujaan, sejumlah sesaji juga disiapkan dalam ritual ini.

Dalam ritual tersebut, beberapa umat Hindu yang merupakan keturunan India asli menusuk pipi mereka dengan benda tajam menyerupai kawat hingga tembus dari pipi yang satu ke pipi yang lain tanpa mengalami luka. Banyak yang melihat ritual ini dengan mulut ternganga. Ada juga yang memakai kesempatan ini dengan mempraktekkan kemampuan fotografi mereka dan mengabadikan ritual yang berani ini.

Indonesia mempunyai lima agama dengan berbagai kepercayaan yang diakui, termasuk salah satunya adalah Hindu. Meskipun Hindu bukanlah sebagai agama mayoritas di dalam Negara Indonesia, ada baiknya kita juga memperhatikan dan lebih mengerti tentang mereka agar kita memahami cara pandang yang bagaimana yang mereka anut, apa sebabnya ada ritual pemujaan seperti di atas, tanpa menghakimi, tapi merangkul mereka. Mereka juga saudara sebangsa kita.

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami