Pendidikan Keuangan yang Diajarkan Obama Kepada Anak-Anaknya

Parenting / 12 July 2011

Kalangan Sendiri

Pendidikan Keuangan yang Diajarkan Obama Kepada Anak-Anaknya

Lois Official Writer
2903

Anak-anak Obama memang tinggal di tempat yang paling ekslusif di Amerika, tapi ayah mereka mengharapkan bahwa mereka dapat mengatur sendiri keuangan mereka dan mungkin dapat menambahnya dengan menjadi baby sitter. Itulah yang dilakukan dan dikatakan Obama kepada anak-anaknya. Dalam salah satu acara televisi, Obama pernah mengungkapkan hal itu. Dia mengajarkan anak-anaknya Malia dan Sasha tentang tabungan, minat, dan pengaturan uang.

“Apa yang saya sekarang lakukan dengan Malia dan Sasha adalah agar mereka mendapatkan uang tambahan,” katanya tanpa menyebutkan berapa uang yang mereka dapatkan. “Mereka mulai bertumbuh cukup dewasa agar bisa menghasilkan uang dari menjaga bayi. Mereka punya tabungan mereka sendiri.”

Obama menekankan ini semua kepada anak-anaknya bukan karena tidak mengasihi mereka, namun justru karena kasihlah dia mengajarkan mereka sedari dini agar tidak bergantung dan dapat mencari uang sendiri. Tentunya Obama berharap ketika mereka dewasa nanti, mereka dapat tetap menghasilkan uang, meskipun keadaan ekonomi negara sedang buruk sekalipun, seperti keadaan ekonomi Amerika yang memburuk beberapa waktu belakangan ini.

Bagi Anda yang mungkin hidup dalam berkecukupan, hendaklah anak-anak jangan dibiasakan untuk meminta dan meminta uang saja dari Anda. Biasakan mereka untuk dapat hidup mandiri dalam batas-batas yang wajar. Jika mereka menginginkan suatu barang, pastikan dulu barang yang diinginkan itu bermanfaat buat mereka. Lalu, Anda bisa ‘menukarnya’ dengan pekerjaan yang harus mereka lakukan. Misalnya saja, membersihkan meja makan, menyapu, atau yang lainnya. Jika mereka cukup dewasa, ajarkan mereka untuk mandiri seperti yang Obama ajarkan kepada anak-anaknya sehingga ke depannya anak Anda dapat hidup mapan dan sudah terarah.

Sumber : telegraph/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami