Kreator IT Berkembang Pesat, Diperlukan Bapak Asuh

Entertainment / 12 July 2011

Kalangan Sendiri

Kreator IT Berkembang Pesat, Diperlukan Bapak Asuh

Lois Official Writer
3233

Bagaimanakah perkembangan teknologi informasi di Indonesia saat ini? Menurut Menkominfo Tifatul Sembiring saat pembukaan konferensi dan eksibisi Id-Byte pada hari Senin (11/7) kemarin di Pacific Place, Jakarta mengungkapkan bahwa dia meyakini di Indonesia ini ada banyak kreator yang inovatif di bidang teknologi informasi (TI) sehingga otomatis akan merupakan keuntungan bagi bangsa ini.

Berjamurnya kreator TI Tanah Air ini salah satunya dapat dilihat dari tingginya animo peserta yang meramaikan kompetisi Indonesia ICT Award (INAICTA) yang diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi yang digelar setahun sekali. Sayangnya, hal ini belum diiringi dengan penyerapan dari industri. Untuk itu dia menghimbau kalangan industri untuk menjadi ‘bapak asuh’ bagi para kreator.

“Saya sangat mengharapkan Indonesia bergerak menjadi pemain utama dalam industri TIK dunia. Kita harus menjadi tuan rumah di negeri sendiri dalam industri TIK.” Itulah harapan Tifatul buat masa depan bangsa. “Untuk itu saya menghiimbau kalangan industri TIK bersedia menjadi ‘bapak asuh’ bagi para kreator,” tambahnya. Tidak jelas bapak asuh seperti apa yang diharapkannya. Yang pasti, dapat mengayomi para kreator atau yang sering disebut start-up itu untuk dapat berkembang.

Kiranya dukungan tidak hanya sebatas kucuran modal semata, tapi diimbangi dengan perencanaan model bisnis strategis agar para kreator ini dapat lepas landas dengan sukses dan secara otomatis memperkuat perekonomian Indonesia, khususnya bidang teknologi informasi. Saat ini diperkirakan ada 200 juta pengguna ponsel, 45 juta pengguna internet, 30 juta pengguna media sosial, dan pada waktu tahun 2009 kemarin volume bisnis TIK mencapai Rp 300 triliun per tahun. Pemerintah optimis di tahun 2011 ini, Indonesia meraih pertumbuhan ekonomi 6.5-7%.

Teknologi informatika bukan lagi sesuatu bidang yang diremehkan, setiap teknologi yang terbaru, terlebih lagi jika bisa menciptakan ide yang cemerlang, maka akan sangat dipakai dan mendatangkan peluang pasar yang besar sekali, baik dari dalam maupun dunia internasional.

Sumber : detik/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami