Program Kurang Berjalan Karena Separuh Menteri Kurang Rajin

Nasional / 8 July 2011

Kalangan Sendiri

Program Kurang Berjalan Karena Separuh Menteri Kurang Rajin

Lois Official Writer
1479

Saat membuka sidang, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyinggung kinerja para menterinya. Menurut SBY, pencapaian program-program pemerintah kurang dari 50 persen. Dia pun meminta penjelasan Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) Kuntoro Mangkusubroto soal pencapaian kabinet yang hanya 50 persen tersebut. SBY ingin tahu apa saja yang menjadi masalah, dimana, dan mengapa program pemerintah itu bisa mandek.

SBY mengkuatirkan sebagian menteri sudah melupakan Instruksi Presiden dan program pemerintah tidak diimplementasikan dengan baik. Menurut Presiden, hal ini penting untuk melanjutkan pelaksanaan program yang belum terlaksana dengan baik. Hal itu diperkuat dengan pernyataan Kuntoro. Menurut Kuntoro, separuh menteri Kabinet Indonesia Bersatu II kurang rajin menjalankan program pemerintah yang telah ditetapkan, sehingga sejumlah target pemerintah tidak tercapai dengan optimal.

Kuntoro juga menambahkan, capaian buruk ini merata di tiga sektor kementerian. Kuntoro tidak mau mengungkapkan kementerian mana saja yang dimaksud. “Pemerintahan berjalan tapi itu artinya beberapa menteri kurang rajinlah,” kata Kuntoro usai rapat kabinet paripurna di Kantor Presiden, Kamis (7/7). Selain itu, sejumlah arahan dan instruksi Presiden belum tuntas dikerjakan. Menurut dia, keterlambatan ini bukan disebabkan anggaran, melainkan memang belum bisa dilaksanakan oleh kementerian terkait. Meskipun demikian, dia mengatakan tidak ada program yang tidak berjalan sama sekali.

Ditanya apakah mandeknya program pemerintah itu karena alasan isu perombakan (reshuffle) kabinet, Kuntoro menambahkan. “Saya tidak menangkap seperti itu,” katanya. Meski demikian, ia juga mencatat prestasi kabinet saat ini. “MP3EI sudah diluncurkan, saya kira itu gambaran yang baik.”

Itulah yang terjadi jika ada salah satu bagian yang tidak menjalankan fungsinya dengan baik, sehingga menyebabkan ada tujuan yang tidak bisa dicapai dengan baik pula. Setiap fungsi yang ada harusnya dapat menjalankan fungsinya dengan baik tanpa perlu diawasi. Dan bila ditambah dengan hati yang melayani, maka mereka dapat mendapatkan tujuan yang diinginkan.

Sumber : tempointeraktif/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami