Waktu Ibadah Diperpendek, Demi Orang Mau Beribadah

Internasional / 5 July 2011

Kalangan Sendiri

Waktu Ibadah Diperpendek, Demi Orang Mau Beribadah

Lois Official Writer
2507

Telegraph mengatakan kebanyakan orang bingung antara menggunakan Minggu pagi untuk belanja, berbaring di tempat tidur, atau menghabiskan waktu 90 menit di gereja. Karena itulah, seorang uskup senior Inggris mendesak gereja-gereja untuk mengurangi waktu layanan, pengurangan ini dilakukan untuk mendorong orang-orang lebih beribadah.

Rev. Jonathan Gledhill, Uskup Lichfield, mengatakan bahwa ibadah sudah menjadi terlalu rumit dan menghabiskan waktu sehingga orang yang bukan jemaat gereja rutin merasa bingung dan diasingkan. “Salah satu alasan dari penurunan jemaat gereja kita baru-baru ini adalah kita tidak membuat para jemaat tidak rutin merasa disambut,” katanya.

Dalam pidato kepada pendeta dalam keuskupannya, yang tampak tumbuh dalam beberapa tahun ini, Uskup Gledhill mengatakan ada kecenderungan untuk memikirkan ‘misa yang lebih dan lebih rumit dan indah bagi kita sendiri – melupakan mereka yang bisa datang bila kami membuat hal lebih mudah bagi mereka untuk memulai.” Karena itu, dia menganjurkan para pendeta harus membuatnya tidak lebih dari 50 menit dan memastikan mereka tidak berkhotbah terlalu lama.

Rata-rata kehadiran mingguan tahun 2009 di Inggris turun selama enam tahun berturut-turut ke 1.131 juta dari 1.145 juta tahun 2008 dengan rata-rata kehadiran pada hari Minggu turun dari 960.000 ke 944.000. Tahun lalu Vatikan mengatakan kepada pastor Katolik untuk tetap berkhotbah di bawah delapan menit untuk melayani orang yang kesulitan berkonsentrasi untuk jangka waktu panjang.

Dalam beberapa tahun belakangan ini, gereja di Inggris sudah aktif mendorong orang-orang kembali ke gereja lokal mereka dengan mengadakan layanan khusus melalui himne terkenal. Adapun gereja-gereja di Indonesia mempunyai banyak tata cara kebaktian yang dilakukan dan berbeda-beda. Memang hendaknya gereja memikirkan kepentingan jemaat, memupuk hati mereka agar mereka dapat bertumbuh menjadi orang yang memberkati orang lain.

Sumber : republika/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami