Pencipta OS Linux yang Memberi Sumbangsih Bagi Dunia

Nasional / 1 July 2011

Kalangan Sendiri

Pencipta OS Linux yang Memberi Sumbangsih Bagi Dunia

Lois Official Writer
1938

Apakah Anda tahu siapa yang menciptakan operating sistem (sistem operasi) dari dari Linux, Android, dan iOS? Salah satu penciptanya adalah Robert Morris. Sayangnya dia sudah meninggal Kamis kemarin (30/6) di usia 78 tahun. Robert Morris adalah seorang yang benar-benar menekuni bidangnya, sampai dia bisa menghasilkan kemajuan teknologi yang begitu besar dalam kehidupan manusia. Dia merupakan seorang ahli kriptografik sekaligus salah satu bapak pendiri sistem operasi Unix.

Pada tahun 1957, dia merupakan seorang pembelajar yang bergelar sarjana dan meraih gelar master di bidang matematika di Harvard tahun 1958. Karena kepintarannya, dia sempat bekerja di Bell Laboratories AT&T (1960-1986). Saat masih di Labs, dia menulis tentang matematika Unix, program kriptografik, dan skema enkripsi dasar yang beberapa tahun kemudian berkembang menjadi Unix.

Pada tahun 1986-1994, dia juga pernah bekerja di Agen Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA). Di sana dia berjabat sebagai ketua ilmuwan National Computer Security Center. Kecerdasannya digunakan untuk tujuan yang baik. Sebagai ketua ilmuwan, dia terlibat menciptakan prosedur keamanan standar untuk membekuk pemerintahan Saddam Hussein pada Perang Teluk 1991. Dia juga membantu FBI menerjemahkan kode bukti enkripsi.s

Sistem operasi yang ada sekarang ini seperti Linux, Android, iOS, Solaris, dan lain-lain berakar dari Unix yang diciptakan Robert Morris. Dia sendiri memang akan pergi meninggalkan dunia ini, namun namanya akan dikenang dan keberhasilannya akan terus diingat. Dia merupakan contoh nyata bagaimana hidup harus saling memberi dan memberi arti bagi kehidupan manusia pada umumnya dan bagi lingkungannya.

Sumber : inilah/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami