Juru Parkir Liar PRJ Ditangkap, Keadaan Aman Terkendali

Nasional / 29 June 2011

Kalangan Sendiri

Juru Parkir Liar PRJ Ditangkap, Keadaan Aman Terkendali

Lois Official Writer
2848

Belakangan ini, banyak diberitakan maupun disiarkan via SMS maupun BBM mengenai pungutan parkir yang gila-gilaan di daerah PRJ. Kini, polisi telah mencokok sejumlah juru parkir liar yang bermodus pemerasan di Kamayoran, Jakarta Pusat itu. Dari razia itu, sedikitnya ada 18 preman yang berhasil diamankan petugas. Kepala Bagian Operasional Polres Jakarta Pusat, Ajun Komisaris Besar Polisi Abdul Karim mengatakan, penertiban itu dilakukan setelah banyaknya laporan masyarakat yang merasa diperas oleh juru parkir liar di luar arena PRJ.

Petugas juga menyita sejumlah buku rekapan tagihan mulai dari lahan parkir hingga tagihan pedagang kaki lima yang biasanya mangkal di sekitar area Pekan Raya Jakarta. “Memarkir kendaraan di kantong-kantong parkir di luar parkir resmi PRJ pun kini tidak perlu was-was. Makan di warung kaki lima dadakan juga tidak takut dikenakan bayar gila-gilaan,” kata Media Relations PT. JIExpo Kamayoran, Dinar Hanggarani. “Karena aparat polisi dan satpol PP terus berpatroli sepanjang hari,” lanjutnya.

Menurutnya tarif parkir di luar Arena PRJ tak lebih dari Rp 20 ribu untuk mobil atau Rp 10 ribu untuk motor, sedangkan parkir resmi di Arena PRJ hanya dipatok Rp 15 ribu untuk mobil dan Rp 8 ribu untuk sepeda motor. Pedagang kaki lima pun memasang tarif makan minum yang masih dalam batas-batas wajar.

Sebelumnya, salah satu pengunjung PRJ, Maria Fransisca Triastutik (26) mengaku ditarik uang parkir Rp 50 ribu. Kesal dengan tarif yang tidak masuk akal itu, dia protes ke juru parkir. Namun, belasan bekingannya yang menggunakan rompi hijau ikut mendatangi mobilnya. Tentu saja akhirnya dia harus tetap membayar tarif tersebut.

Hal ini sedikit banyak menimbulkan kecemasan buat masyarakat yang ingin berkunjung ke arena PRJ. Di sisi lain, PRJ pastinya mengalami kerugian karena nama baik mereka seolah dicemarkan dengan keadaan yang tidak kondusif seperti itu. Namun, menurut Dinar, banyak polisi dan satpol PP yang berjaga di setiap sudut. Jadi, manfaatkan liburan sekolah ini untuk mengunjungi PRJ dan buktikan sendiri. Apalagi hari ini merupakan hari libur nasional.

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami