Apa Sih Resep Punya Anak Jujur dan Pintar Seperti Alif?

Nasional / 21 June 2011

Kalangan Sendiri

Apa Sih Resep Punya Anak Jujur dan Pintar Seperti Alif?

Lois Official Writer
2248

Siami, ibu rumah tangga 38 ini, mengangkat kejujuran di atas segala-galanya. Seperti apa yang diajarkan ibunya, Sitri (56) sejak dia kecil. Yang Siami tahu, seseorang tak boleh mengambil hak orang lain, bermalas-malasan, apalagi mengabaikan kejujuran. Mungkin itulah yang didapatkan oleh Alif, anaknya ya beberapa waktu lalu menjadi ‘tempat contekan’ teman-temannya.

Meskipun Siami tidak pernah berbuat salah, tapi malah mengungkapkan kejujuran, Siami dengan rendah hati meminta maaf kepada warga dengan berurai air mata, tapi amarah warga begitu menggelegak. Namun, keteguhannya kini sudah dipandang dunia, Indonesia setidaknya. Ia diberi gelar ‘Ibu Kejujuran’. Langkahnya dibela berbagai pembesar negeri ini, mulai Ketua Mahkamah Konstitusi, Wakil Ketua MPR, Ketua KPK, Wakil Presiden. Bahkan Presiden SBY pun berencana mengundang Siami untuk bertemu.

Lalu darimanakah kepintaran sang anak? Menurut Siami, anaknya yang meraih nilai rata-rata tertinggi yaitu 9.1 ini memang tekun belajar. Tidak ada resep khusus yang dilakukan orangtuanya. Namun, menurut Siami bapaknyalah yang banyak berperan. Sang bapak yang bernama Widodo itu rajin mengajari Alif. Setiap hari, setiap pulang kerja selalu meluangkan waktu membimbing anaknya untuk belajar. Itulah resep yang mereka tekankan kepada Alif. Dari ibu kejujuran, dari bapak ketekunan. Dan mereka pun memberikan kebebasan kepada Alif apa langkah selanjutnya untuk mengejar cita-citanya.

Kisah ini dapat menjadi suatu bahan perenungan yang baik buat kita semua.Memang dalam membangun sebuah rumah tangga, ada langkah-langkah yang harus diambil, apalagi jika itu sudah menyangkut si buah hati. Tentu kita ingin memberi yang terbaik. Hasilnya tentu saja tidak dapat terlihat secara instan, kita tidak dapat pula melakukan sesuatu yang instan dan mengharapkan hasil yang baik. Tapi, marilah apapun yang kita lakukan, lakukanlah dengan penuh kejujuran dan ketekunan.

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami