Soto Betawi Umar Idris : Sotonya Jakarta Sejak 1970-an

Entertainment / 16 June 2011

Kalangan Sendiri

Soto Betawi Umar Idris : Sotonya Jakarta Sejak 1970-an

Lois Official Writer
3717

Selain kerak telor, Soto Betawi merupakan salah satu makanan khas kota Jakarta yang sedang merayakan ulang tahunnya ke-484 ini. Salah satu soto yang terkenal adalah Soto Betawi Umar Idris. Tempat makan ini tidak terlalu sulit ditemukan, khususnya bagi Anda yang sering mengunjungi daerah Slipi. Terletak sekitar 100 meter di seberang Hotel Santika Petamburan, Anda akan melihat spanduk yang bertuliskan ‘Soto Betawi Umar Idris’. Meski hanya berkapasitas sekitar 30 pengunjung, namun soto ini sudah digemari sejak tahun 1970-an.

Cara pelayanan atau penjualan yang dilakukan cukup unik, tidak seperti penjualan soto betawi lainnya. Di meja belakang tersedia daging, jeroan, dan babat daging sapi sehingga Anda dapat menentukan sendiri isi soto dan banyak sedikitnya daging dalam soto. Lalu pelayan akan memotong-motong daging pilihan Anda kemudian menyiramnya dengan kuah santan yang panas. Ditambah bawang goreng, daun seledri, emping, dan perasan jeruk limau, soto siap disantap. Hmmm, membuat lidah ingin segera mencicipinya.

Ketika sendok berisi soto menyentuh lidah, Anda akan merasakan kuahnya yang terasa gurih dan nikmat. Rasa gurih itu didapat dari susu. Soto yang mengepul-ngepulkan asap itu, mengeluarkan aroma yang mengundang selera. Kenikmatan lain didapat dari empuknya potongan daging yang tidak akan menyusahkan Anda untuk memakannya. Anda dapat menambahkan perkedel, emping, atau keripik tempe sebagai pelengkap soto Anda.

Soto Betawi Umar Idris memang hanya menjual satu jenis masakan, tapi karena dapat terus bertahan, hal ini membuktikan bahwa soto ini patut diacungi jempol. Mengenai harganya? Di sini, harga soto ditentukan dari jumlah potongan daging, babat, atau jeroan yang Anda ambil, jadi Anda tidak perlu kuatir dengan harga yang mahal. Jika Anda kangen dengan makanan soto betawi yang lezat ini, mampir saja langsung ke Jalan KS. Tubun No.15 B, Petamburan

Sumber : kumpulan.info/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami