Milyader Buta Huruf, Jadikan Kelemahannya Sebagai Batu Loncatan

Milyader Buta Huruf, Jadikan Kelemahannya Sebagai Batu Loncatan

Lois Official Writer
2866

Andreas Panayiotou memiliki kerajaan property senilai 400 juta poundsterling (Rp 5.5 triliun) dan menduduki peringkat 200 orang terkaya di Inggris. Jumat lalu, dia membuat pengakuan mengejutkan. “Saya tidak bisa membaca,” katanya. Ternyata waktu kecil dia berusaha keras agar bisa membaca, namun pria 45 tahun itu memutuskan berhenti sekolah pada umur 14 tahun. Dia juga benci membaca waktu masih kecil.

Bagaimana seorang yang tidak bisa membaca sampai akhirnya berhasil meraih sukses? “Saya memiliki daya ingat yang luar biasa, photographic memory. Saya mengenali bentuk untuk mengenali sebuah kata, tanpa harus bisa membaca,” ujarnya. Di jalan misalnya, dia menghapalkan bentuk kata nama jalan ataupun nama kota. Tapi trik itu tidak bisa digunakan untuk hal-hal baru, seperti mengisi paspor misalnya.

Di usia muda, anak imigran Yunani itu membeli sebidang tanah kecil di Islington. Pelan-pelan dia membangunnya menjadi gedung apartemen. Dari situlah bisnisnya berkembang. Pada tahun 2007, dia berhasil menjual ribuan rumah. Kini dia beralih ke hotel, yang saat ini ada tujuh hotel. Yang paling gres adalah Hotel Waldorf-Astoria London senilai 70 juta poundsterling (Rp 979 miliar). Dia memiliki rumah di Epping Forest seluas 8 hektar, tiga pesawat pribadi, dan sebuah kapal pesiar.

Kesuksesan yang dia raih menurutnya tak terlepas dari kekurangannya itu, dia jadinya harus melatih diri untuk bekerja lebih keras dibandingkan orang lain. “Semuanya, dorongan kuat untuk membuktikan saya berarti, kedisiplinan yang sangat ketat, dan kebanggan atas yang sudah saya capai merupakan hasil dari perasaan malu dan kurang yang saya alami karena tertinggal dibanding anak-anak lain yang bisa membaca,” akunya. “Pikiran kita selalu berusaha, berusaha, dan berusaha. Kita jadi lebih kuat karena belajar mengatasi masalah merupakan bagian dari kehidupan,” tuturnya.

Betul sekali apa yang dikatakan oleh Panayiotou ini. Di saat kelemahan Anda mengganggu kehidupan Anda, jangan pernah menyerah. Tapi latihlah diri Anda dan latihlah terus karena potensi Anda sudah begitu besar diberikan oleh Tuhan. Jangan melihat masalah sebagai hambatan tapi justru sebagai batu loncatan. Maka, Anda pun bisa berhasil mencapai apa yang Anda inginkan.

Sumber : kompas/lh3

Ikuti Kami