Ham Ji Bak, Masakan Korea yang Didatangi Orang Bermobil

Entertainment / 26 May 2011

Kalangan Sendiri

Ham Ji Bak, Masakan Korea yang Didatangi Orang Bermobil

Lois Official Writer
6220

Restoran Ham Ji Bak ini banyak didatangi oleh orang-orang yang bermobil. Pertanda yang datang ke sini bukanlah kelas pekerja, melainkan kelas eksekutif. Seperti lazimnya di restoran lain yang menyajikan masakan tradisional Korea, restoran ini juga menyajikan hal yang serupa. Namun, tetap ada bedanya. Hidangan yang paling populer disini adalah iga sapi bakar (seng galbi) dan daging sapi bakar (bul gogi).

Baik iga maupun daging sapinya direndam (marinated) dalam saus wijen dan bawang putih, kemudian dipanggang di depan kita di atas wajan tanpa minyak. Hmmm, sedap!!! Biasanya setiap orang disediakan satu porsi daging. Jadi, jika misalnya makan berdua, cukup memesan satu porsi seng galbi (Rp 165 ribu) dan satu prosi bul gogi (Rp 120rb). Namun bila Anda termasuk pemakan daging, segera pesan lagi begitu Anda merasa porsinya tidak cukup.

Sebelum hidangan utama datang, tersaji terlebih dahulu berbagai pan chan (appetizer) sekitar sepuluh jenis dalam porsi kecil-kecil. Sebagian besar pan chan dapat disantap sambil menunggu hidangan utama disiapkan. Sebagian lagi dapat disantap bersama hidangan utama. Jika Anda tidak suka asap atau bau masakan dari daging yang dipanggang di meja, masakan ini juga dapat dipesan untuk dimasak di dapur. Tentu saja cara ini tidak disarankan, karena pengalaman makan masakan Korea akan berkurang. Selain itu, melihatnya matang di depan mata serta kematangan daging yang diinginkan dapat diatur juga akan hilang.

Daging dan iga bakar biasanya dicelupkan ke saus, ditambah sambal tauco dan kimchi (asinan sawi pedas), lalu dibungkus daun selada. Bila suka, mintalah satu bungkul bawang putih untuk dipanggang. Setelah dipanggang, bawang putihnya menjadi lembut seperti mentega dan dapat disantap bersama iga atau daging panggang.

Selain bakar-bakaran, tersedia juga masakan Korea tradisional lainnya seperti dolsot bibimbap (nasi campur di dalam mangkuk batu panas Rp 65rb), sam gye tang (ayam kecil utuh diisi nasi, dimasak sup ginseng Rp 80rb), gal bi tang (sup iga sapi Rp 70rb), yuk kwe atau kadang disebut yuk ke (daging sapi mentah dicincang, diaduk dengan telur mentah dan wijen, kemudian dicampur dengan irisan buah pir dan ketimun), dan lain-lain. Yuk kwe sangat menyegarkan sebagai appetizer. Karena yuk kwe dibuat dari daging mentah berkualitas khusus, Ham Ji Bak hanya menyediakan bila dipesan lebih dahulu, bahkan yuk kwe tidak tercantum di daftar menu. Jika Anda penasaran, langsung mampir ke Ham Ji Bak, Jl. Cipaku 1 No.16, Kebayoran Baru, Jaksel atau ke kawasan Jakarta Pusat Jl. Teluk Betung 34 dengan nama The Koreana.

Sumber : detik/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami