Inilah Makanan yang Mampu Meningkatkan Kekebalan Tubuhmu

Inilah Makanan yang Mampu Meningkatkan Kekebalan Tubuhmu

Lois Official Writer
1967

Sistem kekebalan tubuh merupakan pertahanan utama untuk mencegah sakit dan badan tetap fit dari serangan cuaca yang tak menentu, flu yang ditularkan oleh orang sekitar, maupun bakteri lainnya yang bisa masuk ke dalam tubuh. Yang diperlukan tubuh untuk mendapatkan kekebalan tubuh yang baik adalah dengan menyerap nutrisi. Nutrisi apa sajakah itu? Berikut ini adalah nutrisi penting yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh menurut Livestrong :

Buah Jeruk

Jeruk memang sudah terkenal sejak dulu kala sebagai salah satu pemberi kekuatan pada sistem kekebalan tubuh kita karena jeruk mengandung banyak vitamin C, yaitu antioksidan kuat yang dikenal untuk melawan infeksi dan membuat kita tetap sehat. Vitamin C juga dapat mengurangi resiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan kanker.

Bawang Putih

Bawang putih digambarkan di film sebagai bahan untuk menangkis vampire yang hendak menyerang kita, namun bukan seperti itu fungsi sesungguhnya. Bawang putih ini akan merangsang replikasi pelawan infeksi yaitu sel darah putih, meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami dan meningkatkan efisiensi antibodi. Aroma menyengat dari bawang putih itu bersifat antibakteri, karena mengandung senyawa belerang yang dikenal dengan allicin. Senyawa ini bersifat antibakteri, antijamur, dan antivirus. Karena itu, bawang putih adalah antioksidan alami yang mengurangi radikal bebas dalam aliran darah dan melindungi tubuh terhadap pembentukan tumor.

Yogurt

Probiotik atau bakteri baik ditemukan dalam saluran pencernaan Anda. Mengkonsumsi yogurt dengan kultur bakteri hidup dapat membantu memulihkan bakteri sehat. Yogurt juga merupakan sumber mineral selenium, antioksidan yang meningkatkan sel-sel pembunuh dan memobilisasi melawan sel kanker/

Teh Hijau

Teh hijau kaya akan polifenol dan antioksidan tanaman, yang melindungi tubuh terhadap mikroorganisme dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Polifenol melindungi tubuh terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan komponen bahaya yang menyebabkan penuaan dini.

Jahe

Gingerol dan shogalo adalah senyawa fenol yang memberikan rasa tajam pada jahe dan bersifat obat. Jahe sering direkomendasikan sebagai teh atau untuk mandi air hangat karena jahe meningkatkan produksi keringat ketika hangat. Ini membantu tubuh menghilangkan kuman dan racun. Jahe juga bisa meringankan mulas, mual, muntah, migraine, dan bertindak sebagai agen anti-inflamasi.

Ikan dan kerang

Ikan mengandung berbagai senyawa untuk meningkatkan kekebalan, termasuk asam lemak omega 3 dan antioksidan selenium. Asam lemak omega 3 terutama ditemukan dalam lemak ikan seperti salmon, mackerel, tuna, trout, dan ikan haring serta biji rami. Asam lemak omega 3 diperlukan untuk meningkatkan aktivitas fagosit. Fagosit adalah sel darah putih yang menelan bakteri dan melindungi tubuh terhadap infeksi. Selenium membantu tubuh dalam produksi sitokin, protein yang menghilangkan virus dari tubuh.

Sayuran merah dan oranye

Sayuran seperti paprika, labu, ubi jalar, tomat, labu, wortel, dan sayuran berwarna cerah lainnya kaya akan beta-karoten. beta karoten dapat meningkatkan jumlah sel pembunuh alami, melawan infeksi dan membantu sel-sel T, semuanya itu diperlukan untuk respon kekebalan. Tubuh akan mengkonversikan beta karoten dari makanan menjadi vitamin.

Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin A,C, dan E yang menjadikannya sebagai pembangkit tenaga antioksidan. Brokoli berisi glukosinolate yang merangsang sistem kekebalan tubuh dan sulforaphanes, yaitu agen ampuh anti kanker.

Makanlah makanan yang menyehatkan ini dan kekebalan tubuh Anda semakin meningkat sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit.

Sumber : detik/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami