KW Korea : Tenaga Nuklir Monster Berbahaya!

Internasional / 22 May 2011

Kalangan Sendiri

KW Korea : Tenaga Nuklir Monster Berbahaya!

daniel.tanamal Official Writer
2124

Dampak berbahaya yang ditimbulkan tenaga nuklir yang menyebar akibat bencana gempa dan tsunami di Jepang membuat banyak negara yang ingin menggunakannya kini berspekulasi dan berpikir dua kali. Hal ini juga yang menjadi pemikiran Konferensi Waligereja Korea untuk mengkampanyekan bahaya dari radiasi tenaga nuklir dan mendesak pemerintah untuk meninjau kembali kebijakan energinya..

Dengan tegas dan memakai analogi yang ringan namun menohok, mereka menyamakan bahwa tenaga nuklir layaknya sebuah monster yang berbahaya dan tidak dapat hidup berdampingan dengan makhluk lainnya. Hal itu tertuang dalam artikel bulanan konferensi waligereja di Kyeonghyang Magazine, oleh Uskup Peter Kang. “adalah sebuah kebohongan kalau mengatakan bahwa tenaga nuklir merupakan energi yang hijau ataupun bersih,”ujarnya.

Uskup kota Cheju tersebut juga menyatakan bahwa adalah kesadaran bersama untuk emnjaga lingkungan dari bahaya teknologi yang memang didasari untuk kepentingan bersama namun mempunyai efek yang sangat berbahaya. “Lingkungan alam kita merupakan karunia Tuhan bagi semua orang, dan kita harus memperhatikannya dengan penuh tanggung jawab demi orang miskin, generasi masa depan, dan kemanusiaan secara keseluruhan.” Kata Uskup Kang mengutip Caritas et Veritate dari Paus Benediktus.

Terakhir dirinya memberi satu pengertian berharaga bahwa hak yang dianugerahkan Tuhan kepada manusia untuk menguasai bumi tidaklah bersifat mutlak sekaligus mendesak masyarakat untuk sadar akan pengaruh kuat konsumerisme yang membuat masyarakat boros dalam menggunakan energi. “Kita harus tahu batas ketika menghadapi alam, saat ini tenaga nuklir digunakan tidak terbatas dan berpotensi menimbulkan bencana besar yang tidak dapat dikontrol oleh teknologi manusia.”

Sumber : ucanews/DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami