Obat Tak Bekerja Baik Jika Digabung Makanan Ini

Gizi & Nutrisi / 18 May 2011

Kalangan Sendiri

Obat Tak Bekerja Baik Jika Digabung Makanan Ini

Lois Official Writer
6057

Jika Anda sedang mengkonsumsi obat tertentu, misalnya karena sakit, maka Anda perlu tahu hal yang satu ini. Meskipun makanan menjadi sumber energi yang penting bagi tubuh, namun ada beberapa makanan yang tak bisa digabung dengan obat karena bisa membuat obat jadi tidak berguna atau justru berbahaya.

Jus buah

Sebaiknya tidak mencampur jus grapefruit dengan obat untuk mengobati irama jantung abnormal, antidepresan, antithistamin (obat alergi), statin, dan obat anti kejang. Sedangkan jus cranberry dan jus delima bisa memperlambat kecepatan hati untuk memecah pengencer darah obat dan pada obat antidepresan bisa menyebabkan penurunan efektifitas obat.

Makanan produk susu

Kalsium dalam susu bisa mengikat tetrasiklik dan minosiklik dari antibiotic. Hal ini membuatnya tidak larut dalam usus kalau digabung dengan mineral sehingga tidak bisa diserap tubuh. Mengkonsumsi susu setengah liter saja bahkan bisa menurunkan efektivitas obat hingga 80 persen. Kalsium yang terdapat dalam susu juga mengganggu penyerapan obat osteoporosis. Hindari minum susu dalam waktu 2 jam sebelum minum obat.

Makanan fermentasi

Makanan hasil fermentasi seperti keju yang mengandung tyramine dalam konsentrasi tinggi bisa menyebabkan ‘sindrom keju’. Tyramine akan bereaksi dengan obat antidepresan dengan mencegah enzim yang berfungsi mencerna senyawa. Kondisi ini akan mengakibatkan tekanan darah tinggi yang berbahaya

Daging panggang

Penderita asma harus menghindari daging panggang karena kandungan karbonnya bisa membentuk senyawa yang mencegah obat asma dengan teofilinn bekerja secara optimal. Selain itu, karbon ini juga bisa memicu serangan asma meskipun sudah mengkonsumsi obat.

Sayuran hijau

Sebagian besar sayuran hijau termasuk bayam, kol, dan teh hijau mengandung kadar vitamin K yang tinggi dan bisa memicu pembekuan darah. Jika dikonsumsi dengan obat pengencer darah akan membuatnya menjadi tidak berguna

Makanan berserat

Ternyata makanan yang tinggi seratnya bisa memperlambat penyebaran banyak obat termasuk digoxin yang digunakan untuk mengatur detak jantung yang tidak teratur, obat diabetes metformin dan mencegah penyerapan obat penurun kolesterol statin. Cara efektif untuk memakan makanan berserat adalah dua jam sebelum minum obat.

Jadi, mulai sekarang waspadalah dengan makanan yang Anda makan saat Anda ingin minum obat. Konsultasikan dengan dokter Anda jika dirasa perlu.

Sumber : detikcom/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami