Yahudi Indonesia Rencanakan Peringati HUT Israel di Jakarta

Nasional / 12 May 2011

Kalangan Sendiri

Yahudi Indonesia Rencanakan Peringati HUT Israel di Jakarta

daniel.tanamal Official Writer
5133

Yahudi Indonesia Rencanakan Peringati HUT Israel di Jakarta Hari Ulang Tahun (HUT) ISrael ke-63 yang jatuh pada Sabtu(14/5) atau lusa direncanakan akan diperingati oleh komunitas penganut Yahudi yang bermukim di Indonesia. Berbagai persiapan pun telah dilakukan oleh kepanitiaan yang telah terbentuk. Namun seperti diperkirakan rencana ini juga telah menuai kecaman dan tanggapan dari berbagai pihak.

Ketua panitia HUT Israel Unggun Dahana menyatakan telah mempersiapkan acara dengan sistem pendaftaran peserta dan pelaksanaan di lapangan terbuka juga pengibaran puluhan bahkan ratusan bendera Israel. Dalam pesan di laman Facebook-nya Unggun menulis, “Panitia memberi kesempatan untuk sahabat2 Israel, yang hendak memberkati Israel melalui Acara Dirgahayu Israel di Jakarta ini. Untuk seluruh peserta hadirin, pada tanggal 14 Mei, mohon bersiap siap pukul 5:00 pagi di rumah masing2. Siap untuk bergerak ke arah selatan,” terang Unggun.

Dirilis inilah.com Kamis (12/05) menurut rencana, acara akan dilakukan di tempat terbuka dan dihadiri oleh seluruh masyarakat Indonesia penganut Yahudi, serta melakukan semacam upacara kemerdekaan. "Upacara Pengibaran Bendera Indonesia diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, Pembacaan Proklamasi, Pancasila. Selanjutnya upacara Pengibaran Bendera Israel diiringi lagu kebangsaan Hatikvah, dan pembacaan deklarasi kemerdekaan Israel," papar Unggun.

Namun untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, panitia masih merahasiakan lokasi perayaan HUT yang banyak dikhawatirkan beberapa pihak akan terjadi kericuhan ini. Unggun menjelaskan, lokasi acara akan diumumkan kepada peserta dan wartawan pada Sabtu (14/5/2011), Pukul 05.00 WIB subuh. Semoga saja acara ini tidak dipergunakan ataupun dipolitisasi untuk kepentingan golongan yang ingin mencoba kebhinekaan Indonesia, juga penyikapan diri positif atas kegiatan ini perlu ditingkatkan agar tidak terpancing perpecahan.

Sumber : Berbagai Sumber/DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami