Pemerintah Komunis Vietnam Puji Pesan Paskah

Pemerintah Komunis Vietnam Puji Pesan Paskah

daniel.tanamal Official Writer
2686

Pertentangan luas antara pemerintah komunis Vietnam dengan masyarakatnya yang beragama Kristen memang masih terus terjadi. Namun momen paskah bulan lalu nampaknya membuat pemerintah sadar akan kekuatan dan keindahan sebuah ibadah yang selama ini mereka khawatirkan sebagai gerakan untuk menentang pemerintahan.

Adalah Uskup Michael Hoang Duc Oanh yang sebelumnya membuat sebuat petisi dan surat permintaan kepada pemerintah agar mereka dapat melaksanakan misa untuk para jemaat terutama didaerah terpencil dan memintah perwakilan pemerintah untuk mengikuti ibadah itu juga. Permintaan itupun dikabulkan oleh pemerintah.

Terlaksanalah misa khusus untuk umat Katolik setempat di sebuah kapel di Desa Lang Son di Distrik K’Bang, Propinsi Gia Lai,yang disaksikan oleh para pejabat pemerintahan. Usai misa khusus tersebut, pejabat pemerintah memuji pesan paskah yang disampaikan Uskup Oanh. Menurut mereka pesan paskah tersebut sangat menginspirasi dan mendidik para jemaat untuk berkehidupan yang lebih baik lagi.

Juga dengan pengakuan dosa yang dilakukan jemaat kepada para uskup, hal semacam itu diniali oleh pejabat pemerintah sebagai sebuah prosesi sakral yang mengejutkan. Uskup Oanh pun menjelaskan bahwa pengakuan dosa itu membuat jemaat terlebih pejabat menjadi terbuka matanya. “Umat Katolik mengaku dosa sebelum menerima Ekaristi. Ini seperti orang mencuci tangan sebelum makan,” kata Uskup Oanh.

Para pejabat pemerintah itupun berterima kasih kepada Uskup Oanh karena mengundang mereka untuk mengikuti ibadah paskah yang menurut mereka hal ini belum pernah terjadi pada kehidupan mereka sekalipun.

 

Sumber : ucanews/DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami