Rap Jadikan Pejuang Libya Semangat Kalahkan Khadafy

Nasional / 26 April 2011

Kalangan Sendiri

Rap Jadikan Pejuang Libya Semangat Kalahkan Khadafy

Lois Official Writer
3556

Banyak cara yang digunakan untuk memompa semangat perjuangan segerombolan pasukan dalam sebuah pertempuran. Cara apakah yang dipakai pasukan oposisi Libya dalam memompa semangat para pejuangnya? Jawabannya dengan mendengarkan musik rap.

Adalah seorang pejuang yang bernama Jaad Jumaa Hashmi memasang lagu rap tersebut dengan volume kencang di atas mobilnya, saat hendak bertempur melawan pasukan Khadafy. Ia mendengarkan lagu rap dari artis amatir Libya lagunya mengisahkan revolusi yang tengah terjadi di negaranya saat ini.

Musik itu mewakili kemarahan dan rasa frustasi dari pemuda Libya selama puluhan tahun diperintah oleh Khadafy. Lirik dari artis rap Milad Faraway itu memang cukup provokatif. Dalam lagunya Farayaw terang-terangan meminta Khadafy untuk lengser dari jabatannya. “Musik ini benar-benar mewakili keinginan para pemuda untuk mendapatkan kebebasan dan kehidupan yang lebih layak,” ungkap Hashmi.

Berbeda dengan pemuda Libya lainnya, Faraway memang lebih memilih berjuang lewat musik dibandingkan turun langsung ke garis depan bersama rekan-rekannya yang lain di Benghazi. Lagu itu akhirnya dia buat pada akhir tahun 2010 dan sekarang dipakai sebagai lagu penyemangat. “Setiap orang memiliki cara tersendiri dalam berjuang, senjata saya adalah lewat seni,” tutur Faraway. Sampai sekarang, perang masih berlangsung di Libya. Paus pun sempat meminta perdamaian, bahkan pada saat Paskah kemarin.

Sumber : okezone/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami