Apa yang Terjadi Jika 500 Taliban Kabur dari Penjara?

Nasional / 25 April 2011

Kalangan Sendiri

Apa yang Terjadi Jika 500 Taliban Kabur dari Penjara?

Lois Official Writer
2852

Sebanyak lebih dari 500 narapidana Taliban telah melarikan diri dari penjara Kandahar, Afghanistan Selatan melalui terowongan sepanjang ratusan meter. “Sebuah terowongan ratusan meter digali dari selatan penjara ke dalam penjara dan 476 tahanan politik lolos tadi malam,” kata direktur penjara Jenderal Ghulam Dastageer Mayar. Pejabat kepala polisi dari Kandahar, Shair Shah Yousufzai juga mengkonfirmasi lolosnya para narapidana itu.

Juru bicara Taliban yang bernama Yousuf Ahmadi mengatakan, para gerilyawan gerilyawan Islam bertanggung jawab atas kabur besar-besaran para tawanan politik itu. “Narapidana menggali terowongan sepanjang 360 meter ke arah selatan penjara. Mereka mulai keluar dari penjara pada pukul 23.00 waktu setempat tadi malam dan pada pagi hari ini, 541 tahanan melarikan diri dari penjara,” katanya.

Pembobolan penjara ini adalah yang kedua kalinya terjadi kabur besar-besaran dalam tiga tahun terakhir yang menghantam penjara Kandahar. Pada pukul 2008, sekitar 1.000 tahanan termasuk gerilyawan Taliban melarikan diri setelah Taliban menggunakan bom truk untuk membobol gerbang penjara. Kandahar dipandang sebagai tempat kelahiran gerak keras Taliban dan kota serta sekitarnya adalah tempat beberapa pertempuran terburuk di Afghanistan terjadi.

Di antara para tawanan itu ada 106 komandan Taliban dan sisanya merupakan pejuang biasa. Namun keradikalan mereka sudah terbukti sehingga setiap orang yang lolos dari penjara, apalagi sebanyak lebih dari 500 orang, membuat dunia perlu waspada. Mereka tidak takut mati dan rela mati demi keyakinan yang mereka pegang. Sayangnya, sia-sia sekali apa yang mereka pegang, apalagi sampai bertindak seradikal itu. Membunuh dan bunuh diri dengan sia-sia.

Sumber : antaranews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami