Penjagaan Polisi Sampai Ke Lemari Jubah Pastor

Nasional / 22 April 2011

Kalangan Sendiri

Penjagaan Polisi Sampai Ke Lemari Jubah Pastor

Lois Official Writer
3448

Kepolisian Resor Madiun Kota mengamankan seluruh gereja menjelang perayaan Paskah yang dimulai tadi malam (21/4) sampai Sabtu malam (23/4). Di gereja Katolik Santo Cornelius di Jalan Pahlawan, Kota Madiun, semuanya areal gedung diperiksa termasuk tempat-tempat yang bisa buat menyimpan bom seperti lemari penyimpan jubah pastor dan jubah petugas pelayanan ibadah tak luput dari pemeriksaan.

Polisi menggunakan metal detector dan juga mirror detector untuk mengecek seluruh ruangan yang mencurigakan, apalagi sejak banyaknya teror bom termasuk gereja-gereja yang diteror. “Kami wajib memberikan rasa aman pada jemaat yang akan melakukan ibadah,” kata Kepolisian Resor Madiun Kota, Ajun Komisaris Besar Adi Deriyan Jayamarta, saat meninjau pengamanan di Gereja Santo Cornelius.

Tidak hanya itu, semua gereja akan ditempatkan polisi yang berjaga selama 24 jam. Menurut Kepala Bagian Operasional Kepolisian Resor Madiun Kota, Komisaris Edi Purwanto, mengatakan selain personel di Kepolisian Sektor, Kepolisian Resor Madiun Kota juga menyiagakan tiga kompi total sekitar 462 personel dari berbagai bantuan. “Ada yang bertugas on call (siaga menerima laporan), patroli, dan pengamanan di lokasi gereja serta fasilitas umum dan pusat keramaian lainnya,” kata Edi.

Tidak hanya polisi, gereja Santo Cornelius pun siap siaga. “Kami memasang kamera perekam dan monitor agar jemaat yang di luar gereja bisa menyaksikan pelaksanaan peribadatan,” kata salah satu Staf Sekretariat Paroki gereja setempat, Thomas Suyasno. Di kota Madiun, terdapat 54 gereja yang tersebar di tiga kecamatan dan 27 desa / kelurahan.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Efendi Anas, menyatakan sebanyak 7.100 petugas satpol PP DKI siap diturunkan ke lapangan meski tim khusus tidak dibentuk. Mereka akan turut memantau gereja-gereja yang memiliki jumlah jemaat yang banyak seperti Gereja Katedral dan GBI Mawar Saron di Jakarta Utara. Effendi mengimbau semua gereja untuk menggalakkan pengamanan internal, kemudian bekerjasama dengan pengurus RT dan RW di lingkungannya untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan selama ibadah dilaksanakan.

Sumber : berbagai sumber/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami