Gofur : Anakku Jadi Pelaku Bom Bunuh Diri, Itu Salah Saya

Nasional / 19 April 2011

Kalangan Sendiri

Gofur : Anakku Jadi Pelaku Bom Bunuh Diri, Itu Salah Saya

Lois Official Writer
4713

Lelaki tua itu sepertinya tidak lagi mengenali anak laki-lakinya, Muhammad Syarif. Abdul Gofur hanya bisa mengenangnya dengan rasa perih. Dia menghadapi fakta bahwa anak yang ia besarkan menjadi pelaku bom bunuh diri di Masjid Al-Dzikra, kompleks Polres Kota Cirebon. Lahir pada 1979, Syarif adalah anak keempat di antara delapan anak Abdul hasil perkawinannya dengan Ratu Sri Mulat, 56 tahun. Sejak 1999, sejak orangtuanya bercerai, Syarif tinggal bersama ibu dan saudara-saudaranya di Gang Rara Kuning I, Kelurahan Pekalipan, Kota Cirebon.

Pada tahun 2009 Gofur mulai melihat perubahan sikap anaknya secara drastis. Syarif menjadi lebih keras dan temperamental. Tak hanya sikapnya, penampilannya juga berubah. Syarif sering tampil dengan baju para habib. “Saya menduga itu karena doktrin yang diterimanya,” ujar Gofur. “Banyak diskusi agama yang tak sejalan dengan pemahaman saya. Saya dibilang kafir,” kata Gofur sambil meneteskan air mata. “Padahal dulu dia hormat sekali pada orangtua.” Menurut Gofur, sikap Syarif semakin aneh setelah menikah Agustus 2010. “Setelah menikah dengan Sri Maliha, Syarif bukannya berbulan madu. Ia malah menghadiri pengajian Abu Bakar Ba’asyir,” kata Gofur.

Apa yang membuat Syarif berubah begitu drastis? Gofur mengatakan bahwa perceraiannya dengan ibunya ternyata telah membuat Syarif terguncang. Dia menjadi lelaki yang rapuh jiwanya dan cepat marah. “Itu salah saya sebagai orangtua,” kata Gofur menyesali masa lalunya. “Kami minta maaf atas semua yang dilakukan Syarif,” katanya. “Apapun yang dilakukan dia, kami tidak terlibat dan menentang aksinya.”

Ajarlah dan didiklah anak-anakmu dengan takut akan Tuhan. Betapa pentingnya peran orangtua dalam kehidupan generasi penerus yang akan menentukan apakah dia menjadi seorang yang berguna ataukah malah memalukan. Semuanya ada di tangan Anda.

Sumber : tempointeraktif/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami