GKI Yasmin Ibadah Solidaritas di depan Istana Negara Jakarta

Nasional / 18 April 2011

Kalangan Sendiri

GKI Yasmin Ibadah Solidaritas di depan Istana Negara Jakarta

daniel.tanamal Official Writer
3932

Ratusan jemaat Gereja Kristen Indonesia Taman Yasmin Bogor, Jawa Barat juga beberapa aliansi kebangsaan dan Persatuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) melakukan berunjuk rasa menuntut pemerintah memberikan kebebasan bagi jemaat dalam beribadah. Aksi dilakukan dengan menggelar kebaktian di depan Istana Negara Jakarta Minggu (17/4).

Aksi unjuk rasa jemaat GKI Taman Yasmin dimulai sekitar pukul 13.00 diawali dengan ibadah yang dipimpin langsung Pendeta Ujang Tanu Saputra. Seusai ibadah berbagai orasi disampaikan oleh tokoh-tokoh keagamaan dan aktivis kebangsaan yang banyak membawa massa untuk mendukung perjuangan jemaat GKI Taman Yasmin untuk mempertahankan keberadaan lokasi gereja juga izin pendirian bangunan yang telah dimenangkan dari Mahkamah Agung (MA).

Beberapa orasi dari para aktivis yaitu meminta pemerintah untuk memerintahkan wali kota dan wakil wali kota Bogor agar menghormati dan melaksanakan keputusan Mahkamah Agung. Keputusan MA itu antara lain memberikan kebebasan bagi jemaat GKI Taman Yasmin untuk beribadah di gereja mereka. Ratusan massa pun meminta Presiden SBY menindak aparat keamanan Kota Bogor yang melakukan tindak diskriminasi dan intimidasi kepada jemaat GKI Yasmin.

Sengketa antara pemerintah daerah Bogor dan pihak GKI bergulir sejak Februari 2008, ketika pemerintah daerah membatalkan izin membangun gereja yang sudah dikeluarkan dua tahun sebelumnya melalui MA. Alasan pembatalan izin pembangunan gereja oleh pemda tersebut dikarenakan adanya keluhan dari warga setempat. Warga khawatir pembangunan gereja tersebut digunakan untuk menyebarkan ajaran Kristen di wilayah itu. Atas penyegelan itu kini jemaat GKI Yasmin terpaksa menjalankan ibadah kebaktian di trotoar.

Sumber : Jawaban.com/DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami