Gereja Katolik Riau Himbau Umat Tidak Terpancing Aksi Pembakaran

Nasional / 12 April 2011

Kalangan Sendiri

Gereja Katolik Riau Himbau Umat Tidak Terpancing Aksi Pembakaran

daniel.tanamal Official Writer
5515

Atas peristiwa perusakan dan pembakaran terhadap gereja Katolik yang dilakukan oleh sekelompok massa di Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau Senin (11/4), pihak gereja Katolik Riau menghimbau umat Katolik Riau untuk tetap menahan diri dan menyerahkan penanganan sepenuhnya kepada pihak aparat keamanan dan pemerintah.

Dirilis Tempointeraktif, pihak gereja Katolik Riau menyesalkan aksi massa yang merusak dan membakar rumah ibadah hanya karena alasan yang tidak masuk akal.“ Kita sangat sesalkan insiden itu. Hendaknya semua pihak dapat menyelesaikan masalah dengan jalur aturan yang ada. Semua masalah sesungguhnya bisa diselesaikan dengan baik,” ujar Romo Anton Konseng, Pastor Paroki Gereja Katolik St. Maria Pekanbaru.

Gereja dan Umat Katolik di Riau, menurut Romo Anton, juga mendesak aparat keamanan untuk menangani insiden massa ini dengan baik dan menumbuhkan kembali rasa nyaman warga dan umat, yang pasti sudah terusik. “Kita mendesak aparat keamanan menangani kasus ini dengan baik, agar warga dan umat benar benar merasa nyaman. Hendaknya ke depan, semua pihak tidak saling merusak dan tetap menyelesaikan masalah dengan hati yang sejuk.Kita yakin sekali, ini bukan terkait persoalan agama. Karenanya kita mengimbau seluruh umat, khususnya umat katolik Riau dapat menahan diri.” Tambah Romo Anton.

Kepolisian Resor Kuantan Singingi sendiri kini telah memeriksa tujuh warga yang diduga kuat mengetahui terjadinya amuk massa selepas rapat Pleno Komisi Pemilihan Umum soal Pemilihan Kepala Daerah Kuantan Singingi Riau. Aksi massa ini sendiri ditengarai oleh ketidakpuasan massa pengusung satu calon yang kalah suara dalam Pemilihan Kepala Daerah Kuantan Singingi. Entah siapa yang memulai, dan entah bagaimana, ratusan massa yang tadinya berada di sekitar kantor Komisi Pemilihan Umum di Kota Taluk Kuantan, ibu kota Kabupaten Kuantan Singingi Riau, langsung mengamuk. Akibatnya, satu gereja dan satu pos retribusi hangus terbakar serta puluhan rumah rusak poranda

Sumber : Berbagai Sumber/DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami