Gereja Kuba Berhasil Bebaskan 37 Aktivis Politik

Internasional / 8 April 2011

Kalangan Sendiri

Gereja Kuba Berhasil Bebaskan 37 Aktivis Politik

daniel.tanamal Official Writer
2599

Usai bulan lalu Gereja Katolik Kuba berhasil berdiplomasi dengan pemerintahan kuba terkait pemberian remisi atapun kebebasan terhadap para aktivis sosial, kini pemrintah kembali menepati janjinya dengan membebaskan 37 aktivis tahanan politik pemerintahan sosialis Kuba.

Hal tersebut disampaikan juru bicara Pemerintah Spanyol ysng memberitahu bahwa  37 orang mantan tahanan politik Kuba dan anggota keluarganya Jumat (8/4) pagi mendarat di Bandar Udara Internasional Madrid. “Mereka tiba pagi ini. Jumlah keseluruhannya mencapai 245 orang, termasuk 37 orang tahanan,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Spanyol.

Para aktivis tersebut diangkut dengan sebuah pesawat yang dicarter Pemerintah Spanyol sebagai bagian dari sebuah kesepakatan tahun lalu antara Pemerintah Kuba dan Gereja Katolik yang ditengahi Spanyol untuk melepas puluhan tahanan. Gereja Katolik Kuba memang punya nilai partisipatif yang luar biasa terhadap perubahan di Negara itu. Seperti sebulan yang lalu ketika pemerintah membebaskan Oscar Elias Biscet (49) salah satu dari 75 penentang pemerintah yang dijatuhi hukuman penjara pada tahun 2003. atas tuduhan bekerjasama dengan Amerika Serikat untuk menumbangkan pemerintah Kuba.

 

 

Sumber : berbagai sumber - DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami