Uni Eropa Segera Melarang Mobil Beroperasi di Jalanan

Nasional / 31 March 2011

Kalangan Sendiri

Uni Eropa Segera Melarang Mobil Beroperasi di Jalanan

Lois Official Writer
3130

Uni Eropa membuat gebrakan yang luar biasa. Mereka akan melarang mobil di London dan kota-kota lainnya di negara yang tergabung dalam Uni Eropa. Langkah ini diambil untuk mengurangi emisi sebanyak 60 persen dalam 40 tahun ke depan. Karena itulah, Komisi Uni Eropa kemarin meluncurkan rencana transportasi tunggal di wilayah Eropa.

Rencana ini akan memangkas penerbangan udara dari Inggris ke wilayah Eropa bagian Selatan. Targetnya, sebanyak 50 persen perjalanan di atas 300 kilometer harus menggunakan kereta api. Demi mengurangi emisi, mereka juga menargetkan penggunaan ‘nol’ bahan bakar seperti bensin dan diesel bagi mobil pribadi.

Siim Kallas dari Komisi Transportasi Uni Eropa mengatakan rencana ini akan didukung dengan penerapan pajak baru bagi bahan bakar sehingga, masyarakat Uni Eropa akan meninggalkan mobilnya dan menggunakan transportasi alternatif. “Artinya, tidak ada lagi mobil berbahan bakar bensin di pusat kota,” ujar Kallar. “Langkah ini diperlukan dengan aturan yang baru untuk benar-benar mengubah perilaku.”

Namun, tidak seperti itu yang dipikirkan oleh Asosiasi Pengemudi Inggris. Mereka menolak rencana ini. Menurut juru bicara asosiasi, Hugh Bladon ini merupakan sebuah langkah gila dan membuat bencana ekonomi. “Aku harap dia segera mendapat perawatan di rumah sakit jiwa,” ujarnya menanggapi rencana Kallas. “Kita dapat mengatasi ketergantungan sistem transportasi dengan bahan bakar minyak tanpa mengorbankan efisiensi,” ujar Kallas kemudian.

Sumber : tempointeraktif/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami