Teks Kuno Kristen Kembali Ditemukan Di Gua Yordania

Teks Kuno Kristen Kembali Ditemukan Di Gua Yordania

Lestari99 Official Writer
2901

Sarjana Alkitab percaya bahwa kumpulan teks kuno yang ditemukan di sebuah gua Yordania dapat memberikan penerangan baru akan Kekristenan.

Jika penemuan ini terbukti otentik, maka teks ini akan menjadi tulisan paling awal dari kekristenan yang dikenal.

Teks ini ditulis dalam bentuk kode di atas timbal seukuran kartu kredit dan diikat dengan cincin timah.

Fragmen dari teks yang telah diterjemahkan sejauh ini dan gambar serta simbol yang terdapat pada ‘buku’ menunjukkan bahwa penulisnya adalah orang Kristen.

Banyak dari 700 buku yang ditemukan masih disegel, dan hal ini  mengarah pada spekulasi bahwa teks tersebut berisi tulisan rahasia.

Teks tersebut ditemukan lima tahun lalu setelah dua ceruk di sebuah gua yang terletak di utara Yordania yang terpencil dilanda banjir bandang.

Para ahli percaya bahwa buku tersebut bisa menjadi bukti tertulis dari dekade awal setelah penyaliban dan kebangkitan Yesus.

Departemen Kepurbakalaan Yordania, Ziad al-Saad, sebagaimana dikutip dari BBC, mengatakan bahwa penemuan ini mungkin lebih signifikan dibandingkan gulungan Laut Mati.

Beliau mengatakan, “Mungkin penemuan ini akan mengarah pada penafsiran yang lebih lanjut akan pemeriksaan keaslian materi, namun informasi awal sangatlah menggembirakan, dan tampaknya kita melihat pada sebuah penemuan yang sangat penting dan signifikan, mungkin merupakan penemuan yang paling penting dalam sejarah arkeologi.”

Sumber : christiantoday
Halaman :
1

Ikuti Kami