Shaolin Soccer Saat Ini Sedang Diwujudkan di China

Nasional / 26 March 2011

Kalangan Sendiri

Shaolin Soccer Saat Ini Sedang Diwujudkan di China

Puji Astuti Official Writer
3731

Ternyata yang kondisi persepakbolaannya amburadul tidak hanya Indonesia, China pun mengalaminya. Selain karena prestasinya yang jeblok dan skandal suap terhadap dua mantan kepala persatuan sepakbolanya, China juga di rongrong oleh masalah perjudian. Karena prihatin dengan kondisi tersebut, Kuil Shaolin akhirnya bertindak untuk melakukan perbaikan.

Jika Anda pernah nonton film Shaolin Soccer maka hal itu sepertinya akan menjadi kenyataan. Kuil Shoalin saat ini telah mendirikan pusat pelatihan sepak bola yang memadukan antara unsur-unsur kunfu Shaolin dan sepakbola. Hingga saat ini mereka telah memiliki 2000 murid yang rata-rata usianya sekitar 10 tahun dan menggandeng Alphonse Tchami, pesepak bola nasional Kamerun yang sudah pensiun sebagai pelatih.

Jika di China saat ini ada sebuah komunitas yang peduli dengan kondisi persepakbolaannya dengan membuat tindakan nyata, bagaimana dengan Indonesia? Seharusnya kita tidak berkutat dengan permasalahan siapa yang akan menjabat menjadi ketua PSSI saja, namun mulai berpikir bagaimana menghasilkan bibit-bibit baru pemain bola yang berkualitas. Jika tidak demikian, maka bisa dipastikan bahwa Indonesia akan dilibas jika tampil di pertandingan internasional.

Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami