Ruang Baru Tiap Anggota DPR Senilai Rp 800 Juta

Nasional / 25 March 2011

Kalangan Sendiri

Ruang Baru Tiap Anggota DPR Senilai Rp 800 Juta

Lois Official Writer
2533

Gedung baru DPR akan segera dibangun dalam Juni 2011 ini. Kepala Biro Pemeliharaan Bangunan dan Instalasi Setjen DPR, Sumirat menuturkan anggaran pembangunan gedung baru DPR sebesar Rp 7.2 juta per meter persegi. Luas gedung baru DPR secara keseluruhan mencapai 157.000 meter persegi. “Harganya Rp 7.2 juta per meter persegi bangunan fisiknya saja. Jika dihitung untuk membangun gedung seluas 157 ribu meter persegi, totalnya kira-kira Rp 1.138 milyar,” katanya kepada wartawan di gedung DPR Senayan, Jakarta, Jumat (25/3).

Sumirat juga menuturkan luas ruangan per anggota DPR setelah dilakukan efisiensi sebesar 111.1 meter persegi. Jika dikalikan dengan jumlah harga luas tanah per meter persegi sebesar Rp 7.2 juta, maka dengan kata lain setiap anggota DPR akan menempati ruangan yang setara dengan Rp 799.920.000, hampir Rp 800 juta. “Itu rata-rata, baru pembangunan fisiknya, belum termasuk interior dan fasilitas pendukung,” katanya menjelaskan.

“Ruangan ini sudah didesain untuk ruang satu anggota, lima ahli staff dan seorang sekretaris pribadi,” ungkap Sumirat. Meskipun banyak rakyat yang menentang, namun pembangunan gedung baru ini tetap tidak surut. Beberapa waktu yang lalu, sebanyak 11 kontraktor telah mengikuti proses prakualifikasi tender pembangunan gedung baru DPR dan salah satu mereka menang. Peletakan batu pertama gedung baru DPR rencananya akan dilakukan Juni 2011 mendatang.

Gedung baru DPR tentunya akan membuat anggota DPR merasa nyaman di kantor mereka. Namun, hendaklah mereka juga ingat untuk membuat rakyat nyaman berada di negara ini.

Sumber : detikcom/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami