Mau Tahu Berapa Jumlah Wanita di Vatikan?

Internasional / 25 March 2011

Kalangan Sendiri

Mau Tahu Berapa Jumlah Wanita di Vatikan?

Lois Official Writer
6056

Kota Vatikan, Roma merupakan kota suci bagi umat Katolik. Selama ini minim sekali pemberitaan mengenai seputar kaum hawa alias perempuan. Sebab hampir semua atau mayoritas pejabat di kota Vatikan atau Kardinal merupakan kaum adam alias laki-laki. Menurut Anda, berapakah jumlah perempuan di kota yang berada di jantung ibukota Italia itu?

Di Roma, hanya ada sekitar 32 perempuan saja, bandingkan dengan jumlah laki-laki yang berjumlah sekitar 540 orang. Perbandingan kuantitas itu berdasarkan statistic terbaru yang diumumkan negara terkecil di dunia itu. Dari 572 warga yang memiliki paspor Vatikan, 306 di antaranya adalah diplomat, 86 orang penjaga Swiss, 73 kardinal, 31 orang wam dan biarawati. Hanya 233 yang menetap di Vatikan.

Kota kecil itu hanya memiliki 221 penduduk dan mayoritas dari mereka adalah pastor, biarawan atau biarawati, hal ini didasarkan pada statistic yang dipublikasikan Tahta Suci Vatikan, yang bertepatan dengan peraturan baru terkait ijin masuk mobil di kota yang padat tersebut. Karena itu, negara bakal membatasi mereka yang bukan merupakan penduduk setempat kecuali mereka memiliki paspor khusus.

Sungguh menakjubkan bagaimana kota yang begitu kecil dapat menjadi kota suci bagi suatu agama. Uniknya, di kota ini mempunyai paling sedikit wanita, padahal secara keseluruhan di dunia, wanita adalah jumlah penduduk bumi yang terbanyak jika dibandingkan pria. Itulah keunikan kota Vatikan ini.

Sumber : republika/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami