ASEAN Siapkan Pusat Penanggulangan Bencana Juni Ini

Nasional / 23 March 2011

Kalangan Sendiri

ASEAN Siapkan Pusat Penanggulangan Bencana Juni Ini

Lois Official Writer
2780

Organisasi Negara-negara di Kawasan Asia Tenggara (ASEAN) akan memiliki pusat penanggulangan bencana yang bernama ASEAN Human Assistance Center pada Juni 2011. Lembaga ini akan menempati ruangan di gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Jakarta.

“Keberadaan pusat penanggulangan itu ditujukan bagi penanggulangan bencana dan diharapkan bisa diluncurkan bersamaan dengan kegiatan KTT ASEAN,” kata juru bicara Wapres Yopie Hidayat kepada pers di Istana Wapres Jakarta, Rabu (23/3). Pusat itu, kata Yopie akan melakukan analisa berbagai macam bencana di ASEAN dan akan mengikuti model pusat penanggulangan bencana yang ada di Jepang.

Hal ini dikatakannya usai mendampingi Wakil Presiden Boediono yang menerima kunjungan Sekjen ASEAN Surin Pitsuwan yang melaporkan sejumlah peristiwa penting selama 2011 di saat Indonesia menjadi ketua ASEAN. Menurut Yopie, ada hal lainnya yang dikatakan oleh Sekjen ASEAN itu.

Dalam pertemuan dengan Wapres, dia Pitsuwan juga melaporkan akan terselenggaranya kegiatan penting lain yakni “ASEAN Global Dialogue” yang juga akan dihadiri perwakilan dari Bank Dunia serta para pebisnis. “Rencananya dialog ini akan dilakukan di Bali yang waktunya sekitar Oktober-November dan akan dihadiri kepala negara dari negara maju seperti Amerika Serikat,” kata Yopie.

Dengan bencana yang akhir-akhir ini melanda belahan dunia juga di Asia Tenggara, kita perlu mengantisipasinya. ASEAN bisa menjadikan musibah ini jadi pelajaran yang berharga dan mengantisipasi di waktu lain, akan membuat musibah bisa dicegah setidaknya korban jiwa bisa jauh berkurang.

Sumber : republika/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami