Salah Satu Bentuk Kepedulian Indonesia : Jogja Care for Japan

Nasional / 23 March 2011

Kalangan Sendiri

Salah Satu Bentuk Kepedulian Indonesia : Jogja Care for Japan

Lois Official Writer
2934

Sabtu nanti (26/3), berbagai komunitas dan masyarakat Yogyakarta akan menggelar aksi solidaritas untuk korban bencana gempa dan tsunami di Jepang. Aksi solidaritas dengan tema “Jogja Care for Japan – Let’s Support and Learn from Japan”  dipusatkan di Gedung Jogja Ekspo Center. Hoshizora Community telah mengawali aksi solidaritas ini dengan mengajak Adik Bintang, penerima beasiswa Hoshizora, mengadakan penggalangan dana di berbagai sekolah di Yogyakarta.

Selain itu, Atsuki Community bekerja sama dengan beberapa komunitas Cosplay yang ada di Yogyakarta mengadakan aksi penggalangan dana dengan tema Cosplay on the Road di beberapa titik strategis di Kota Yogyakarta. Atsuki juga mengajak anak-anak dan masyarakat Yogyakarta membuat seribu Origami Burung Bangau serta mengumpulkan seribu tanda tangan di Titik Nol Kilometer sebagai simbol empati kepada masyarakat korban bencana di Jepang. “Penggalangan seribu tanda tangan digelar Rabu sore (hari ini) mulai pukul 15.00. Berangkat dari Taman Budaya Yogyakarta dan berakhir di Titik Nol Kilometer,” ungkap Andang Kirana, wakil ketua panitia, Rabu (23/3).

Ketua Panitia “Jogja Care for Japan” GKR Pembayun, yang juga putri sulung Sultan Hamengku Buwono X, mengatakan perlehatan acara puncak berupa One Day Charity di Gedung JEC diisi oleh lapak kebudayaan Jepang, ada Yukata photo session, origami, ikebana, seni bela diri Jepang, dan kuliner Jepang. “Selain rasa peduli, pesan yang ingin disampaikan dalam acara ini adalah bagaimana kita dapat memetik pelajaran dari bencana Jepang pasca bencana, masyarakat Jepang tetap santun dan teratur antre untuk mendapatkan bantuan,” jelasnya.

Jika Anda berada di Yogyakarta dan sekitarnya, Anda dapat berpartisipasi dalam acara ini. Anda bisa mempelajari dan mencontoh bagaimana kebudayaan masyarakat Jepang sampai mereka bisa tetap tertib di tengah situasi yang sulit tersebut, selain Anda bisa memberikan bantuan bagi mereka.

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami