Tim Nuklir Jepang : Kami Tidak Melarikan Diri

Nasional / 18 March 2011

Kalangan Sendiri

Tim Nuklir Jepang : Kami Tidak Melarikan Diri

Lois Official Writer
2916

Meski disalahkan banyak pihak karena ancaman radiasi, Tokyo Electric Power Co. selaku operator PTLN Fukushima bekerja dalam diam. Sampai, salah satu krunya mengemukakan apa yang terjadi di dalam internal mereka. Curhat itu disampaikan oleh seorang pekerja perempuan Tokyo Electric Power Co (TEPCO) Michiko Otsuki. Dia menuliskan curhatannya di blog yang populer belakangan ini bernama Mixi.

TEPCO adalah perusahaan yang memasok listrik ke ibukota Tokyo dan salah satu pemain nuklir besar di dunia. Perusahaan ini juga memiliki sejarah pelanggaran prosedur keamanan. Tulisan Otsuki memang tidak ada lagi di dunia maya, tapi beberapa blog lain sudah mengopinya dan telah ramai dibicarakan di berbagai forum berbahasa Jepang.

Dia menceritakan kondisi internal saat itu. Hari Senin (14/3) semua pekerja dievakuasi dari PLTN Fukushima Daiichi kecuali 50 rekannya yang lain ditinggal untuk melawan radiasi. “Semua orang menyalahkan TEPCO. Tapi staf TEPCO menolak melarikan diri dan terus bekerja meski harus mengorbankan nyawa. Tolong berhenti menyalahkan kami,” tulisnya di blog itu. Tulisan dalam blog itu menggambarkan kebesaran hati 50 rekannya yang ditinggalkan, yang kini disebut sebagai Fukushima 50.

Di akhir kata, Otsuki menyatakan “Semua yang ada di PLTN sedang berjuang, tanpa melarikan diri. Kepada warga sekitar PLTN yang kuatir, saya minta maaf. Saya menulis nama saya, sadar bahwa saya akan mendapat masalah karena hal ini. Saya ingin Anda mengerti, ada orang yang bekerja untuk melindungi Anda semua.” Namun, Otsuki akhirnya menghapus isi curhatnya dan memblokirnya dari pembaca umum, karena merasa pesan-pesannya tak digunakan sebagaimana mestinya.

Mereka berada di garda terdepan, berjuang menghentikan krisis nuklir dan mengurangi kebocoran radiasi. Mereka rela terpapar radiasi tinggi yang berujung pada pembentukan sel kanker, bahkan kematian. Mereka mengorbankan nyawa buat Jepang, salut buat mereka. Tuhan melihat dan memberikan jalan keluar agar mereka mampu mengatasi masalah nuklir ini dengan tepat waktu.

Sumber : inilah/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami