Wow, Manusia Tertua di Dunia Itu Bernama Tuti

Nasional / 18 March 2011

Kalangan Sendiri

Wow, Manusia Tertua di Dunia Itu Bernama Tuti

Lois Official Writer
3928

Wanita ini merupakan manusia tertua di dunia. Bayangkan saja, dia dilahirkan pada tahun 1880 yang artinya umurnya sekarang sudah mencapai 130 tahun. Wow, luar biasa dengan umur seperti itu, dia masih kelihatan begitu sehat. “Saya mengalami gangguan pendengaran dan penglihatan, namun saya merasa sangat sehat,” ujar wanita tersebut.

Namanya Tuti, namun bukan orang Indonesia. Lebih lengkap namanya adalah Tuti Yusupova yang lahir pada tanggal 1 Juli 1880. Di bulan Juli ini, umurnya menjadi 131 tahun. Dia merupakan penduduk Tashkent dan tinggal di kota Tortkol yang berarti Empat Danau. Kota ini terletak di Uzbekistan, Asia Tengah.

Tuti tinggal di kota itu bersama menantu perempuan beserta cucunya. Tuti dipercaya menjadi manusia dengan masa hidup paling lama di dunia, yang masih hidup. Dia telah hidup dalam tiga abad. dan merasakan abad-abad yang sangat berbeda itu. Tentunya banyak sekali kisah yang bisa dia bagikan selama tiga abad ini. Begitu luar biasa seseorang dapat masih begitu sehat setelah memasuki usia 100 tahun.

Dia sudah mulai bekerja sejak umur 10 tahun. Dia menikah tahun 1897-1898 dan mempunyai 2 orang anak. Suaminya meninggal pada tahun 1940. Apa rahasia hidup lama? Menurutnya, dengan hidup jujur, kerja keras, dan suka menolong adalah rahasia kenapa dia bisa bertahan hidup sampai sekarang. Jadi, mulailah hidup dengan kejujuran, penuh kerja keras, namun suka menolong orang lain.

Sumber : berbagai sumber/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami