Robot Tercipta dari Masalah yang Dihadapi Jepang

Nasional / 16 March 2011

Kalangan Sendiri

Robot Tercipta dari Masalah yang Dihadapi Jepang

Lois Official Writer
3782

Gempa merupakan hal tak terprediksi dan banyak usaha untuk memprediksinya sering berakhir meleset. Meskipun Jepang merupakan negara yang paling rawan mengalami gempa, namun menjadi salah satu lahan untuk pengembangan robot-robot canggih. Lalu, apa hubungan antara robot dan gempa?

Jepang merupakan negara yang paling rawan mengalami gempa karena terletak di Pacific Rim of Fire yang menjadi titik lempeng tetonik Pasific dan Eurasia bertumbukan dan membuatnya menjadi negara yang sangat rentan gempa. Kondisi alam yang seperti ini mendorong Jepang untuk menciptakan banyak robot penyelamat.

Seperti dikutip dari Popular Science, terdapat delapan robot penyelamat yang pernah digunakan untuk mitigasi bencana seperti RoboCue, Snakebot, Robotic Safety Crawler, Roller-Skatig Rescuer, Breath-Sensor, Kinect-Powered Rescue-Bot, Humanoid BEAR Medic-Bot dan Ultra-Cheap RoachBot.

Gempa dahsyat yang disusul tsunami di Jepang itu memang menghancurkan sebagian wilayah Jepang. Namun banyak pihak yang merasa yakin bahwa kecanggihan teknologi dan kesiapan warga serta pemerintah Jepang akan membuat Jepang cepat pulih. Salah satunya yaitu dengan menggunakan robot-robot penyelamat itu untuk menyelamatkan korban.

Manusia memang hanya bisa membuat taktik penyelamatan dan sebisa mungkin mengurangi dampak, namun ketika kita berusaha lebih baik lagi ke depannya, maka tak ada yang mustahil. Sama seperti Jepang. Ketika masalah utama yang mereka hadapi adalah gempa, mereka mencari jalan untuk mengatasi masalah itu. Persis seperti hidup kita. Jadikan masalah itu batu loncatan untuk lebih baik lagi.

Sumber : inilah/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami