Gereja Kuba Berhasil Bujuk Pemerintah Untuk Bebaskan Aktivis

Internasional / 15 March 2011

Kalangan Sendiri

Gereja Kuba Berhasil Bujuk Pemerintah Untuk Bebaskan Aktivis

daniel.tanamal Official Writer
3035

Inilah salah satu peran gereja dalam bentuk pelayanannya terhadap masyarakat khususnya yang tengah berjuang untuk kebebasan negara. Akibat banyaknya penangkapan terhadap para aktivis pembangkang, Gereja Katolik Kuba pun berinisiatif untuk bernegoisasi dengan pemerintah Kuba untuk kebebasan mereka.

Salah satu aktivis yang dibebaskan oleh Pemerintah Komunis Kuba adalah Oscar Elias Biscet (49) salah satu dari 75 penentang pemerintah yang dijatuhi hukuman penjara pada tahun 2003. Pria ini dijatuhi hukuman 25 tahun penjara atas tuduhan bekerjasama dengan Amerika Serikat untuk menumbangkan pemerintah Kuba.

Dirilis kantor berita berbahasa Spanyol, EFE, Biscet menegaskan bahwa dia akan melanjutkan perlawanan non-kekerasan dan berjuang untuk hak asasi manusia di negara yang dikuasai pemerintah komunis itu. Biscet juga bersyukur telah meninggalkan penjara dalam kesehatan mental dan fisik yang baik. "Pemerintah Kuba tidak berhasil membuat saya sakit mental, karena mereka berharap bisa," ujar aktivis yang ia dianugerahi penghargaan tertinggi sipil Amerika, Presiden AS Medal of Freedom, semasa George W Bush menjadi Presiden.

Sebagian besar dari mereka yang dibebaskan setuju untuk pergi ke pengasingan di Spanyol, tapi Biscet mengatakan ia akan tetap di negara asalnya. Dia berjanji kepada wartawan yang berkumpul di rumahnya untuk tidak akan pernah berhenti berjuang dan bahwa ia tidak akan pernah menyimpang dari jalan perlawanan non-kekerasan, bahkan di penjara. "Saya selalu tinggal di Kuba, saya dari Kuba," katanya.

Sumber : rakyatmerdeka/DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami