Menag Himbau Semua Pihak Tenang Soal GKI Yasmin Bogor

Nasional / 14 March 2011

Kalangan Sendiri

Menag Himbau Semua Pihak Tenang Soal GKI Yasmin Bogor

daniel.tanamal Official Writer
3990

Konflik penolakan warga terhadap pendirian Gereja Kristen Indonesia jemaat Yasmin Bogor yang hingga kini masih belum terselesaikan secara penuh menimbulkan banyak kekhawatiran akan adanya beberapa pihak yang mempunyai kepentingan untuk bermain dalam kasus yang mengundang perhatian publik mulai tahun lalu ini.

Atas persoalan ini Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali mengimbau semua pihak untuk menahan diri menyusul kisruh terakhir dengan sekelompok massa yang mengepung GKI Yasmin. Menag pun akan segera mengusrusi sosialisasi putusan Mahkamah Agung (MA). "Saya minta semua pihak menahan diri. Forum kerukunan umat juga sedang mengupayakan solusi di sana," kata Suryadharma usai menghadiri raker dengan Komisi VIII DPR terkait APBN Kementerian Agama Tahun 2011 di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (14/3).

Menurut politisi asal Partai Persatuan Pembangunan ini berlarutnya persoalan tersebut disebabkan banyak pihak yang hingga kini belum mendapat salinan putusan Mahkamah Agung (MA) atas sengketa pendirian gereja itu. "Banyak yang belum dapat putusan mungkin. Nanti akan kita sosialiasikan putusan MA itu," ujarnya. 

Perkembangan kasus keberadaan GKI Yasmin ini sendiri sudah lama terjadi. Kasusnya pun telah diproses di pengadilan. Beberapa waktu lalu, MA sudah mengeluarkan keputusan yang menolak kasasi Pemkot Bogor. Meski sudah diputus di MA, hingga kini penolakan terhadap pendirian Gereja masih terus berlangsung. Warga yang menolak keberadaan Gereja seringkali melakukan protes dengan mendatangi kawasan tersebut.




 

Sumber : Berbagai Sumber/DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami