2 Hari Setelah Diterjang Tsunami, Pria Tua Ini Selamat

Nasional / 14 March 2011

Kalangan Sendiri

2 Hari Setelah Diterjang Tsunami, Pria Tua Ini Selamat

Lois Official Writer
2584

Gempa yang terjadi di Jepang dengan 8.8 skala Ritcher, membuat tsunami yang menghapus setiap bangunan yang dilewatinya. Tentu banyak kisah sedih yang menimpa penduduk di sana. Kisah laki-laki ini salah satunya. Dengan potongan bagian atas rumahnya yang hancur, seorang lelaki berusia 60 tahun bernama Hiromitsu Shinkawa terbawa arus ke laut dan mengapung-apung selama dua hari di lepas pantai timur Jepang dan terseret hingga 15 kilometer.

Hiromitsu menceritakan kenapa dia bisa sampai terseret arus. Setelah gempa terjadi, dia dan istrinya sempat kembali ke rumah untuk mengambil beberapa barang. Tetapi, tsunami kemudian menerjang dan memisahkannya dengan istrinya. Hiromitsu kemudian tanpa daya terombang-ambing mengikuti arus. “Saya pikir hari ini (waktu dia diterjang tsunami) adalah hari terakhir dalam hidup saya.

Apa yang dilakukan Hiromitsu agar bisa selamat dari tsunami yang menerjang itu? Selama mengapung, dia berusaha mendapatkan perhatian dari helikopter dan kapal yang lewat. Sayangnya semuanya itu sia-sia. “Sebelumnya beberapa helikopter dan kapal ada yang lewat tetapi tidak ada yang menyadari keberadaanku,” kata Hiromitsu kemudian seperti dikutip dari Associated Press.

Namun,  Hiromitsu tetap tidak berhenti berusaha. Pada tanggal 13 Maret 2011 waktu setempat, sebuah kapal militer Jepang yang sedang melaju, melihat Hiromitsu melambaikan kain merah. Menurut Yoshiyuki Kotake, juru bicara Departemen Pertahanan Jepang, Hiromitsu ditemukan sekitar 15 kilometer lepas pantai kota Minamisoma.

Hiromitsu merasa beruntung karena kondisi cuaca saat itu cukup bagus dan laut relatif tenang. Hal inilah yang memungkinkan dia bertahan selama hampir dua hari. Belum diketahui bagaimana nasib istrinya. Memang nasib seseorang siapa yang tahu kecuali Tuhan sendiri. Yang pasti, jangan pernah putus asa jika hal yang buruk menimpa, karena di balik itu ada hal indah yang Tuhan berikan.

Sumber : vivanews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami