Pengen Ngobrol dengan Paus, Sebentar Lagi Bisa Kok!

Internasional / 14 March 2011

Kalangan Sendiri

Pengen Ngobrol dengan Paus, Sebentar Lagi Bisa Kok!

Lois Official Writer
3154

Jika Anda ingin berinteraksi dengan pimpinan tertinggi Katolik melalui transformasi media sosial dalam waktu dekat ini. Vatikan berencana menghubungkan halaman facebook dengan video tentang Paus Yohanes Paulus II yang telah berlangsung selama 27 tahun. “Akan kami luncurkan pekan depan untuk mempromosikan 1 Mei beraktifasi,” ujar pejabat Vatikan seperti dikutip dari AP, hari ini.

Menurut Monsignor Paul Tige, pejabat di kantor komunikasi sosial Vatikan mengatakan Vatikan akan melakukan langkah pertama pada halaman Facebook dengan sebuah tema. Contohnya halaman bertema Perjalanan Paus Benediktus XVI ke Inggris Raya pada September. Halaman ini masih aktif dan digemari sekitar 15 ribu orang per hari. Dengan model seperti ini, Vatikan percaya akan bisa meningkatkan interaksi dan komunikasi dengan umatnya. “Tak hanya berbagi informasi tapi menciptakan komunikasi,” ujar Tighe.

Nampaknya kini Vatikan mulai giat dalam dunia media dan internet. Mereka juga bakal meluncurkan portal informasi web Vatikan yang dirancang khusus agar dapat terhubung ke Twitter dan blog. Portal ini juga berfungsi sebagai aggregator dari berbagai sumber informasi seperti radio, televisi, surat kabar L’Osservatore Romano dan agen penyedia berita Vatikan.

Meski begitu, situs www.vatican.va ini juga akan tetap menjadi pusat informasi utama tentang Tahta Suci, dokumen, kantor Vatikan dan aktivitas kepausan. Selain itu, Vatikan juga telah menggunakan saluran YouTube, Twitter, dan Facebook untuk menyampaikan pesan Paus. Paus Benediktus XVI baru-baru ini juga mengamini betapa efektif pesan yang disampaikan melalui interaksi media sosial.

Tighe menyampaikan Paus akan berinteraksi pada Jumat Agung 22 April 2011. Dia akan menanggapi pertanyaan umat yang diajukan secara online dan akan direkam. Jawabannya juga bakal ditemukan di YouTube. “Ini merupakan awal cara yang sederhana untuk Paus berinteraksi langsung dengan umatnya,” ujar Tighe.

Sumber : tempointeraktif/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami