Bangganya, 3 Medali Diperoleh Putra SBY Dari AD Amerika

Nasional / 11 March 2011

Kalangan Sendiri

Bangganya, 3 Medali Diperoleh Putra SBY Dari AD Amerika

Lois Official Writer
3863

Dengan bangganya, SBY mencium kening putra sulungnya. Ini dikarenakan Kapten Infanteri Agus Harimurti Yudhoyono ini telah mengharumkan nama bangsa Indonesia atas kelulusannya dengan prestasi sangat baik dalam menempuh pendidikan Maneuver Captain Career Course (MCCC) yang diselenggarakan di Fort Benning, negara bagian Georgia, Amerika Serikat.

Fort Benning adalah pangkalan militer terbesar dan terlengkap di dunia milik Angkatan Darat Amerika. Dalam pendidikan yang dilaksanakan selama 6 bulan itu, Kapten Agus mengukir prestasi akademis melebihi rekan-rekan seangkatannya dengan keseluruhan nilai rata-rata mencapai 92% serta selalu menunjukkan keteladanan perilaku yang baik.Dia berprestasi untuk tiga macam penghargaan.

Pertama Distinguish International Honour Graduated. Penghargaan ini diberikan kepada siswa internasional yang berhasil meraih prestasi terbaik selama pendidikan, SBY juga pernah menerima predikat ini pada tahun 1983. Kedua, Medali The Order of Saint Maurice. Penghargaan ini diberikan National Infantry Association, khusus kepada prajurit Infrantri yagn berhasil memenuhi beberapa kualifikasi yang ditentukan seperti standar tertinggi dalam hal integritas, karakter moral, kecakapan profesi, loyalitas, dan dedikasi pada pelaksanaan tugas. Ketiga, The Commandant’s List. Ini penghargaan kepada siswa yang nilai rata-rata akademisnya lebih dari 90%. Dari 200 siswa hanya sebanyak 27 orang yang berhasil mencapai nilai tersebut dan Agus satu-satunya non Amerika yang berhasil masuk.

MCCC adalah program pendidikan militer Amerika yang diselenggarakan oleh Maneuver Center of Excellence untuk mendidik perwira-perwira berpangkat kapten agar nantinya memahami dan mahir secara taktik dan teknik dalam maneuver operasional unit light, heavy, dan stryker infantry. Pemerintah Amerika mengundang secara selektif negara-negara sahabat untuk mengirimkan perwira-perwiranya mengikuti program pendidikan ini. Pendidikan ini juga membekali siswanya dengan kepemimpinan lapangan, proses pengambilan keputusan militer serta gelar operasi serangan, pertahanan dan counter insurgency.

Tentunya diharapkan Agus dapat membagikan ilmu yang didapatnya kepada perwira lainnya sehingga semakin banyak pengalaman dan pengetahuan, semakin baik Angkatan Darat Indonesia nantinya.

Sumber : tribunnews/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami