Gempa 8.8 SR dan Tsunami 4 Meter Guncang Jepang

Nasional / 11 March 2011

Kalangan Sendiri

Gempa 8.8 SR dan Tsunami 4 Meter Guncang Jepang

daniel.tanamal Official Writer
2982

Tepat pukul 02:46 siang tadi gempa berkekuatan 8,9 menghantam timur laut Jepang, diikuti oleh serangkaian gempa susulan, termasuk satu gempa 7.4 SR sekitar 30 menit kemudian yang segera memicu tsunami setinggi 4 meter. Gempa tersebut menyebabkan bangunan terguncang di ibu kota Tokyo. Gempa melanda pada kedalaman enam mil (10 kilometer), sekitar 80 mil (125 kilometer) di lepas pantai timur, kata badan itu. Daerah ini 240 mil (380 kilometer) timur laut Tokyo.

Sejumlah tayangan televisi internasional seperti CNN dan HNK menayangkan secara langsung melalui udara bagaimana gulungan ombak ganas tsunami tersebut menyapu daerah Miyagi, Iwata, Fukushima dan beberapa kawasan besar padat penduduk lainnya. Terjangan tsunami tersebut segera membawa puing-puing bangunan, kobaran api dan asap hitam mengepul dari sebuah bangunan di Odaiba, daerah pinggiran Tokyo. Kereta api cepat di utara negara itu pun dihentikan. Di berbagai lokasi di sepanjang pantai Jepang, tayangan televisi itu juga memperlihatkan banjir, dengan puluhan mobil, kapal dan bahkan bangunan yang terbawa oleh air.

Badan meteorologi mengeluarkan peringatan tsunami untuk seluruh pantai Pasifik di Jepang. NHK memperingatkan orang-orang dekat pantai untuk pergi ke lokasi yang lebih aman. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di Hawaii mengatakan peringatan tsunami berlaku untuk Jepang, Rusia, Kepulauan Marcus dan Marianas Utara. Peringatan tsunami telah dikeluarkan untuk Guam, Taiwan, Filipina, Indonesia dan negara bagian AS Hawaii.

Dilansir
AFP, pemerintah Indonesia, siang tadi memperingatkan  warga yang tinggal di wilayah timur, termasuk Papua, Maluku, dan Sulawesi Utara, untuk berhati-hati terhadap tsunami yang dipicu oleh gempa besar di Jepang. "Waktu kedatangan gelombang yang dapat dihasilkan (oleh tsunami) diperkirakan pada pukul 20.00 waktu setempat," demikian peringatan resmi yang dikeluarkan pemerintah.

 

 

Sumber : Berbagai Sumber/DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami