Universitas Terbaik Di Dunia, Kembali Dipegang oleh Harvard

Nasional / 11 March 2011

Kalangan Sendiri

Universitas Terbaik Di Dunia, Kembali Dipegang oleh Harvard

Lois Official Writer
4147

Universitas Harvard kembali dinobatkan sebagai universitas dengan reputasi paling baik di dunia. Universitas dari Amerika Serikat ini menduduki posisi pertama dalam daftar 200 universitas prestisius dunia terbaru yang dilansir majalah Times Higher Education. Hasil ini didasarkan pada survey dengan penilaian dari 13.388 akademisi di 131 negara.

Hanya akademisi yang telah menerbitkan lebih dari 50 makalah dan bekerja di universitas selama lebih dari 16 tahun yang ambil bagian dalam survey ini. Mereka ditanya soal peringkat universitas dengan penelitian dan metode pengajaran yang baik. Survei menyebutkan, dari 10 tempat teratas, Amerika menempati tujuh urutan, Inggris 2 universitas yaitu Cambridge dan Oxford, sementara Jepang menempatkan satu universitas yaitu University of Tokyo.

Berikut daftar 10 universits dengan reputasi terbaik di dunia :

  1. Harvard (AS)
  2. Massachusetts Institute of Technology (MIT) (AS)
  3. Cambridge (Inggris)
  4. California, Berkeley (AS)
  5. Stanford (AS)
  6. Oxford (Inggris)
  7. Princeton (AS)
  8. Tokyo (Jepang)
  9. Yale (AS)
  10. California Institute of Technology (AS)

Meskipun University of Tokyo menduduki posisi ke-8, namun universitas ini merupakan universitas satu-satunya yang berasal dari Asia yang berhasil memberikan prestasi yang nyata. Ditambah lagi survey ini adalah survey pertama yang murni didasarkan atas reputasi universitas. Dengan ini, universitas di Indonesia pun suatu hari akan terdaftar dalam 10 universitas bereputasi terbaik di dunia.

Sumber : okezone/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami