Munculnya 2 Matahari di China yang Tak Bisa Dijelaskan

Nasional / 9 March 2011

Kalangan Sendiri

Munculnya 2 Matahari di China yang Tak Bisa Dijelaskan

Lois Official Writer
5834

Beberapa pekan lalu, internet sempat dihebohkan kabar bintang dekat bumi meledak dan memunculkan matahari kedua. Di China, matahari itu benar muncul. Matahari kedua di China itu sempat terekam dalam video. Menurut seorang astronom dari Universitas Illinois yaitu Jim Kaler, yang tertarik pada berita meledaknya Betelgeuse, mengatakan bahwa matahari ganda di China itu merupakan pembiasan optik.

Kaler mengaku peristiwa itu sangat langka dan tak sepenuhnya bisa dijelaskan oleh sains. “Saya ragu itu hasil model komputer,” katanya. Menurutnya, seharusnya ada gumpalan atmosfer yang menyebabkan fenomena spektakuler seperti fatamorgana ini terjadi. Biasanya fatamorgana ada ketika ada partikel di atmosfer yang dibiaskan, dibelokkan, ataupun disinari.

Biasanya hal ini terjadi di daerah dekat batas langit dimana udara lebih sedikit, berat. Biasanya juga fatamorgana berada sejajar vertical dengan sumbernya baik itu di bawah maupun di atasnya, bukan di sampingnya seperti dalam gambar di atas. Kaler mengatakan, bukan berarti hal ini tak mungkin terjadi.

Banyak dari ilmuwan yang tidak mengerti bagaimana hal ini bisa terjadi. Beberapa fenomena yang berhubungan dengan pengaruh atmosfer biasanya bisa dijelaskan secara ilmiah. Misalnya saja yang disebut dengan sun dogs, pembiasan matahari terbenam, penyangga matahari, dan juga lingkaran matahari yang biasanya sama dan cukup dimengerti bagaimana bisa terjadi. Tapi tidak yang satu ini. “Hal ini sangat menarik,” kata Kaler.

Sumber : berbagai sumber/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami