Di Bengkulu Ada Nisan Salib Tapi Tulisannya Arab

Nasional / 9 March 2011

Kalangan Sendiri

Di Bengkulu Ada Nisan Salib Tapi Tulisannya Arab

Lois Official Writer
5072

Ditemukan lebih dari 900 makam kuno di sebuah bukit di Desa Tambang Sawah, Kecamatan Pinang Belapis, Kabupaten Lebong, Bengkulu. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lebong Yustin Hendri mengatakan bahwa ratusan makam itu sudah lama diketahui masyarakat dan jumlahnya tidak diketahui dengan pasti.

Keunikan dari nisan di makam kuno ini adalah setiap nisannya diberi nomor. “Warga setempat sudah lama tahu di bukit itu ada makam kuno, tetapi setelah kami cek ke lapangan ternyata jumlahnya hampir 1.000 makam dan uniknya semua nisan bernomor,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lebong Yustin Hendri kemarin (9/3).

Uniknya lagi, ada satu nisan berbentuk salib yang bertuliskan arab gundul. Tulisan apa yang tertera di sana, masih dalam penyelidikan. Siapa yang menuliskan, apakah tulisan arab gundul itu dari jaman yang sama saat nisan itu ada atau ditulisi setelah nisan ada disana, masih dalam penyelidikan. “Kami sudah melaporkan ke Bupati dan DPRD, selanjutnya dalam waktu dekat akan berkoordinasi untuk menindaklanjuti temuan ini,” tuturnya.

Yustin menuturkan ada berbagai versi yang berkembang di masyarakat terkait temuan ratusan makam kuno tersebut. Sebagian mengatakan, ratusan nisan yang diberi nomor itu merupakan makam para buruh pekerja tambang emas zaman Belanda tahun 1905-1938. “Ada juga yang mengatakan makam itu adalah makam orang Belanda karena ada salib, tetapi bertuliskan huruf arab,” ucapnya.

Satu lagi peninggalan sejarah ditemukan. Untuk meneliti ratusan makam kuno tersebut, pihaknya akan mengundang Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) yang berkantor di Jambi dan Balai Arkeologi Palembang, Sumatera Selatan.

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami