Batu Gempa Christchurch Dilelang Rp 324,7 Juta Untuk Donasi Korban

Nasional / 8 March 2011

Kalangan Sendiri

Batu Gempa Christchurch Dilelang Rp 324,7 Juta Untuk Donasi Korban

daniel.tanamal Official Writer
3945

Ide kreatif dan brilian kadang memang datang justru disaat seseorang tengah dalam kondisi sulit dan dirundung duka. Hal ini terjadi pada seorang warga Selandia Baru yang rumahnya hancur ditimpa batu seukuran sebuah mobil pada saat gempa di Christchurch bulan lalu. Dirinya justru mengambil keuntungan dari batu tersebut dan segera melelang batu besar itu lewat pelelangan online di internet.

Seperti dilansir AFP, Selasa (8/3), adalah Phill Johnson yang menjadi otak dibalik pelelangan unik tersebut. Menariknya banyak orang segera mengajukan penawaran. Salah seorang penawar bersedia membayar 10.050 dolar Selandia Baru atau sekitar Rp65,2 juta, agar tempat itu dijadikan tempat wisata. Namun lelang ini akhirnya jatuh kepada seseorang yang tidak diketahui identitasnya. Batu itu pun menghasilkan uang sebesar 50 dolar Selandia Baru atau sekira Rp324,7 juta (Rp6.495 per dolar Selandia Baru).

Mulianya hati Phill karena uang hasil pelelangan batu ini tidak sepenuhnya diambil oleh dirinya juga beberapa pemilik rumah yang hancur tersebut. Balai lelang Trade Me yang menjadi pelaksana lelang ini menyebutkan bahwa hasil lelang ini akan diberikan kepada Palang Merah untuk disalur kepada korban gempa disana.

Phill Johnson sendiri menceritakan bahwa batu seberat 30 ton meluncur dari bukit yang berada di balik rumahnya, saat terjadi gempa di Christchurch bulan lalu. Batu yang bergulir secepat kilat tersebut menghancurkan atap garasinya dan mengakibatkan kerusakan berat pada bagian rumah yang lain. Ide unik Phill nampaknya berhasil menyentuh hati para donatur walaupun hanya dengan sebuah batu tetapi dapat meyakinkan setiap orang bahwa batu itu mempunyai cerita dan sejarah yang menjadi representasi gempa di kawasan mayoritas Kristen tersebut.



 

Sumber : Jawaban.com/DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami