Kristen Koptik Mesir Demonstrasi Tuntut Persamaan Hak

Internasional / 8 March 2011

Kalangan Sendiri

Kristen Koptik Mesir Demonstrasi Tuntut Persamaan Hak

daniel.tanamal Official Writer
2933

Atas tindakan diskriminasi dan perlakuan represif yang terjadi secara turun-temurun, masih dalam euforia reformasi, ribuan umat Kristen Koptik di Mesir berinisiatif untuk turun ke jalan menyuarakan aspirasi mereka di Kairo, yang selama ini diabaikan oleh pemerintah.

Kali ini demonstrasi mereka demikian serius dan berani sehingga jembatan yang berada di kawasan Tahrir Square diblokir oleh para pengunjuk rasa seraya meneriakkan yel-yel anti diskriminasi sepanjang Senin malam hingga Selasa (8/3) dinihari.

Para pengunjukrasa terus menuntut tindakan konkret dan kejelasan dari pemerintah Mesir untuk menghapuskan tindakan diskriminatif yang selama ini mereka terima walau militer Mesir telah berjanji akan membangun lebih banyak lagi gereja di Mesir sebagai jawaban dari penghapusan diskriminasi ini.

Lebih dari 10 persen dari 80 juta rakyat Mesir diantaranya adalah penganut Kristen Koptik yang selama ini merasa diperlakukan sebagai warganegara kelas dua oleh pemerintah Mesir, terutama dalam hal lapangan kerja dan pembangunan gereja baru.

Salah satu tindak diskriminasi paling disorot adalah peledakan sebuah gereja Kristen Koptik di Iskandariyah pada malam tahun baru lalu dan menewaskan 21 orang yang tengah menjalani misa malam tahun baru. Insiden pengeboman tersebut memicu aksi unjukrasa besar-besaran dari kaum Kristen Koptik Mesir.

 

Sumber : Berbagai Sumber/DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami