Jumlah Kementerian Berkinerja Baik Hanya 6 Saja

Nasional / 7 March 2011

Kalangan Sendiri

Jumlah Kementerian Berkinerja Baik Hanya 6 Saja

Lois Official Writer
2974

Berdasar evaluasi akuntabilitas kinerja 2010 yang dilakukan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, hanya ada enam kementerian dan lima lembaga negara yang mendapat predikat kinerja baik. Untuk itulah, mereka mendapatkan penghargaan dari Menpan dan RB EE Mangindaan, menurut laporan hasil evaluasi kinerja instansi pusat yang disampaikan hari ini.

Keenam kementerian tersebut adalah Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Kementerian Keuangan, Kementerian Dalam Negeri, dan Kempan dan RB. Sementara lima lembaga negara yang dinilai berhasil adalah Komisi Pemberantasan Korupsi, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, Badan Pemeriksa Keuangan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional serta Mahkamah Konstitusi.

Instansi yang mendapat predikat cukup di antaranya adalah Kementerian Sosial, Kementerian Lingkungan Hidup, Badan Pertahanan Nasional, Mahkamah Agung, dan Kejaksaan Agung. Dua lembaga yang mendapat predikat kurang yakni Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban dan Badan SAR Nasional. Tahun 2009, sekitar 47,37 persen instansi pusat mendapat predikat baik dan cukup baik, sedangkan pada tahun 2010 menjadi 63,29 persen atau naik sebesar 15.92 persen.

“Terus pertahankan dan tingkatkan kinerja sehingga prestasi yang dicapai dijadikan contoh oleh instansi pemerintah lainnya,” kata Menpan dan RB EE Mangindaan. Bagi instansi pemerintah yang belum mencapai nilai yang diharapkan, diminta segera melakukan perbaikan dan pembenahans sesuai rekomendasi laporan hasil evaluasi.

Inilah hasil yang sudah dicapai. Kiranya pemerintah mampu lebih baik lagi ke depannya, sehingga lebih dari lima puluh persen kementerian maupun lembaga yang berpredikat sangat baik dan layak mendapatkan penghargaan.

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami