Desa Budaya Kutai-Kartanegara Kini Miliki Gereja Pertama

Internasional / 4 March 2011

Kalangan Sendiri

Desa Budaya Kutai-Kartanegara Kini Miliki Gereja Pertama

daniel.tanamal Official Writer
4312

Mimpi yang menjadi kenyataan, begitulah yang kini dirasakan oleh masyarakat Lung Anai  Loa Kulur Kutai-Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur ketika gereja yang telah mereka impikan selama tiga tahun lalu selesai dibangun. Rumah ibadah ini direncanakan akan diresmikan oleh Bupati Kukar Rita Widyasari, pada Juni 2011 mendatang.

Menurut kepala desa Lung Anai, Tingai, masyarakat merasa sangat bersyukur atas pencapaian ini. Pembangunan pun dirasa jauh melebihi apa yang dibayangkan. Gereja tersebut berdiri megah dengan fasilitas yang memadai. “Kami patut bersyukur kepada Tuhan atas selesainya pembangunan gereja ini, yang juga telah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, sehingga masyarakat Desa Lung Anai merasa hikmat ketika melakukan ibadah, sebagaimana yang diharapkan masyarakat selama ini,” ujarnya.

Perjuangan masyarakat Long Anai untuk memiliki gereja yang semegah ini, cukup berliku. Ia menceritakan keinginan masyarakat untuk memiliki tempat ibadah di Long Anai sudah ada sejak tiga tahun lalu, namun pada tahun 2010 lalu bersama tokoh masyarakat dan pemuka adat Desa Loang Anai, serta pemerintahan desa, keinginan itu baru bisa tercapai. Dana pembangunan gereja itu sendiri merupakan bantuan dari Forum Pemerhati Masyarakat Loa Kulu (FPMLK).

Desa Lung Anai diberi status sebagai desa budaya oleh Pemkab Kutai Kartanegara sejak pembentukannya pada tahun 2007. Rencananya juga pada persemian gereja tersebut pada Juni yang akan datang akan diadakan kegiatan temu jamaah se-Loa Kulu, pagelaran seni budaya dan kegiatan olahraga antar-desa.

 

 

Sumber : Kaltim Post / DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami